Apa Benar Usus Buntu Bisa Diatasi Tanpa Operasi?

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, pastinya Anda harus tahu terlebih dulu mengenai jenis penyakit usus buntu satu ini. Ya, usus buntu merupakan organ yang berbentuk kantung kecil dan cukup tipis, yakni hanya berukuran sekitar 5 – 10 cm. Usus buntu terhubung dengan usus besar, dimana organ tersebut juga bisa alami yang namanya peradangan, seperti penyakit usus buntu atau yang juga disebut dengan apendisitis. Jenis penyakit tersebut sangat berpotensi sekali sebabkan terjadinya komplikasi serius. Apabila tidak segera ditangani dengan baik dan tepat, bisa dipastikan usus buntu akan mulai meradang dan sebabkan pecah. Bakteri dari usus lalu bisa cemari organ di dalam rongga perut lainnya, hingga mengakibatkan infeksi yang nanti akan mengancam nyawa penderitanya.

Seperti yang kita tahu bersama bahwa jenis penyakit usus buntu ini umumnya ditangani dengan jalan operasi untuk angkat usus buntu, namun sebelum jalankan operasi, biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk memerangi bakteri dan cegah terjadinya infeksi di luka pasca operasi nanti. Namun, pada kasus usus buntu yang pecah, ternyata juga digunakan antibiotik untuk cegah infeksi dalam rongga perut pasca usus buntu diangkat. Tapi telah diketahui pada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwasannya, penyakit usus buntu untuk kategori tertentu ternyata bisa diatasi tanpa operasi, yakni dengan menggunakan antibiotik saja.

Usus Buntu Bisa Diatasi Tanpa Operasi dengan Antibiotik
Sebagian dokter telah menggunakan antibiotik ini untuk mengatasi usus buntu yang mulai membengkak. Dimana pada tahapan tersebut, penyakit usus buntu ini bisa dibilang masih belum dalam kondisi pecah, sehingga tak harus diatasi dengan jalan operasi. Operasi pada usus buntu hanya harus dijalankan apabila penyakit tersebut sudah mengakibatkan sebagai berikut.

  • Usus buntu yang alami peradangan atau inflamasi dan infeksi yang berat.
  • Usus buntu yang alami pecah.
  • Infeksi atau peritonitis pada selaput rongga perut.

Ini artinya, penyakit usus buntu yang ringan saja yang bisa diatasi tanpa operasi, yakni dengan menggunakan antibiotik saja. Tapi, apa memang antibiotik saja cukup untuk mengatasi penyakit usus buntu tersebut? Ada sebuah penelitian yang juga menunjukkan bahwasannya antibiotik bisa secara efektif mengatasi sekitar 63% radang usus buntu tanpa operasi. Yang mana penelitian tersebut juga sebutkan bahwa usus buntu ringan bisa diatasi atau disembuhkan dengan antibiotik, tetapi untuk kasus yang berat atau parah hingga sebabkan usus buntu pecah memang harus, alias wajib ditangani dengan jalan operasi.

Lalu, apa ada kekurangan penanganan usus buntu dengan antibiotik saja daripada dengan operasi? Faktanya, setidaknya sekitar 20% pasien yang sudah ditangani hanya dengan menggunakan antibiotik tanpa operasi ternyata kembali menderita penyakit yang sama dalam kurun waktu 1 tahun pasca sembuh. Sekitar 1 dari 5 orang yang kambuh tersebut alami usus buntu yang lebih parah atau terjadi komplikasi lain. Maka dari itu, saat ini dokter umumnya akan ambil langkah operasi untuk atasi penyakit usus buntu. Tapi, bila memang dokter sarankan pengobatan dengan antibiotik saja, bisa jadi penyakit tersebut memang cukup ringan untuk bisa diatasi tanpa operasi.

Nah, itu tadi beberapa ulasan yang kami bagikan tentang apa benar usus buntu bisa diatasi tanpa operasi. Semoga bermanfaat.