Kisah Pendaki Gunung Selamat Karena Instastory

Kejadian naas terjadi pada dua pemuda yang sedang melakukan pendakian di kawasan Kawah Ratu Taman Nasional Gunung Halimun Salak di desa Gunungsari, Kabupaten Bogor. Keduanya. yakni Dimas Ramdhan dan juga Mardiansyah, tersesat saat pendakian di Gunung Salak tersebut. Warga asal Batutulis dan asal Tajur tersebut tidak dapat menemukan jalan pulang. Beruntung, hanya berselang kurang dari satu hari keduanya berhasil diselamatkan oleh tim SAR dan BPBD Kota Bogor di Curug Umpet pada pukul 20.00 WIB. Kedua pendaki gunung selamat karena instastory yang mereka unggah ke Instagram.

Instastory adalah sebuah layanan update konten berupa video atau tulisan di jejaring sosial Instagram yang hanya bisa bertahan selama 24 jam. Kedua pendaki gunung selamat karena instastory tersebut selamat karena unggahan mereka yang berisi permintaan bantuan karena tersesat dan keterangan pergerakan mereka mengikuti arus air ke arah atas. Karena informasi tersebut, kemudian ada pihak yang menghubungi tim SAR dan kemudian langsung meluncur untuk melakukan penyelamatan.

Beruntung sinyal internet di Gunung Salak masih memungkinkan keduanya untuk melakukan kontak dengan pihak lain. Namun akan ada baiknya apabila para pendaki mempersiapkan segala kemungkinan terburuk dnegan membawa perlengkapan yang memadai seperti kompas atau lampu senter yang juga diikuti dengan kemampuan bertahan hidup di alam. Semoga berita pendaki gunung selamat karena instastory ini bisa menjadi pelajaran bagi semuanya.

This page needs javascript enabled !