Benteng Fort Rotterdam, Salah Satu Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan

Fort Rotterdam adalah salah satu tempat wisata utama di Sulawesi Selatan. Objek wisata berupa benteng ini begitu besar dan luas sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkeliling di sekitar benteng ini. Benteng yang terletak di Makassar dibangun pada tahun 1.545 oleh raja Gowa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakung Tumapa ‘risi’ Kallona.

Pada awalnya, benteng ini dibangun dengan menggunakan tanah liat, tetapi pada masa pemerintahan raja Gowa ke-14, Sultan Alauddin, materi untuk membangun benteng ini digantikan oleh karst yang berasal dari Maros. Dengan berkunjung ke benteng ini maka anda dapat belajar banyak hal khususnya mengenai sejarah bangsa dari benteng Fort Rotterdam ini. Anda dapat melihat bagaimana benteng ini sangat berarti bagi masyarakat Gowa pada saat itu.

Fort Rotterdam atau terkadang disebut sebagai Benteng Ujung Pandang ini adalah warisan dari Kerajaan Gowa Tallo. Ketika berkunjung ke benteng ini, maka anda dapat mempelajari banyak hal mengenai sisi historis di balik benteng ini. Anda bisa berkeliling benteng, dan mencoba membayangkan masa lalu ketika benteng ini digunakan untuk lokasi pertahanan dari serangan musuh. Salah satu objek yang paling populer dari benteng ini adalah ruang yang digunakan oleh Pangeran Diponegoro ketika ia diasingkan Belanda. Jadi, bila anda berkunjung ke kota Makassar sebaiknya sisihkan waktu untuk mengunjungi salah satu tempat paling bersejarah di Sulawesi Selatan ini.

This page needs javascript enabled !