Sebelum Memulai, Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Berikut!

Dunia bisnis online saat ini memang tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada akhirnya kemudian banyak orang yang merasa tertarik untuk mulai menjalankan bisnis online di lini manapun entah itu dengan menjual produk sendiri, melakukan program reseller atau dropshipper bahkan bisnis online masa kini dengan membangun toko online atau blog.

Memang ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjalankan bisnis online. Bahkan dengan membangun suatu bisnis online Anda bisa mendapatkan uang sendiri tanpa perlu bekerja atau terikat dengan orang lain. Akan tetapi walau demikian, bisnis online juga masih punya kekurangan. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda apa saja kelebihan dan kekurangan bisnis online yang Anda perlu tahu dan pahami!

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan bisnis online. Bisnis online memiliki beberapa kelebihan berikut ini diantaranya yaitu :

  • Bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja
    Bisnis online merupakan suatu bisnis yang sangat fleksibel. Bisnis yang satu ini merupakan sebuah bisnis yang sangat potensial untuk dijalankan kapan saja dan dimana saja. Anda juga bisa mengerjakannya tak terbatas waktu dan tempat karena yang dibutuhkan hanya dua hal yaitu komputer atau smartphone dan akses internet yang baik. Jika dua hal tersebut sudah Anda miliki tentu bisnis online dapat dikerjakan dengan tanpa hambatan apapun.
  • Bisnis online membutuhkan modal yang relatif kecil
    Percaya atau tidak akan tetapi memang bisnis online merupakan suatu ide bisnis yang dapat dijalankan bahkan dengan modal yang sangat kecil. Beberapa bisnis online seperti halnya dropshipper bahkan bisa dijalankan nyaris tanpa modal. Dengan menjalankan bisnis online Anda juga tak perlu pusing menyewa tempat usaha karena Anda sudah punya toko online tempat berjualan Anda.
  • Jangkauan bisnis online yang sangat luas
    Hal ini juga menjadi salah satu point yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis. Pastinya para pengusaha ingin agar usaha mereka diketahui lebih banyak orang yang nantinya akan menjadi konsumen. Dengan adanya internet, Anda tak hanya bisa memasarkan produk ke daerah di lingkungan Anda saja melainkan para pengguna internet di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia juga dapat Anda jangkau menjadi target market yang potensial untuk Anda.

Akan tetapi dibalik kelebihan yang bisa Anda temukan, untuk Anda yang baru pemula juga harus mempertimbangkan beberapa kekurangannya. Adapun kekurangan bisnis online diantaranya yaitu :

  • Persaingan yang sangat ketat
    Internet tentunya membuka banyak peluang bisnis baru. Akan tetapi seiring dengan hal tersebut persaingan juga sangat meningkat pesat. Bayangkan saja internet dapat mempertemukan banyak pesaing dalam satu niche bisnis di seluruh pelosok nusantara dimana hal ini tentu berarti Anda harus bisa bertahan melawan persaingan dengan mereka jika ingin tidak tergusur atau tergeser dengan bisnis yang Anda jalankan.
  • Belum ada payung hukum yang kuat
    Sebenarnya di Indonesia sudah berlaku undang – undang ITE dimana hal ini melindungi hak konsumen dan juga pebisnis online. Akan tetapi sampai hari ini cukup banyak kasus penipuan dan juga cybercrime yang terjadi di Indonesia dan belum tersentuh oleh hukum kemudian menjerat pelaku penipuan. Hal – hal seperti ini masih harus diwaspadai pebisnis online apalagi penipuan juga masih sangat marak bahkan yang belakangan ini muncul adalah penipuan dengan mengatasnamakan peluang bisnis internet yang menguntungkan.

Itulah berbagai kelebihan dan kekurangan bisnis online yang patut menjadi bahan pertimbangan Anda. Perhatikan kelebihan dan kekurangan tersebut sebelum Anda benar – benar menjalankan bisnis online.

This page needs javascript enabled !