Langkah Mudah Dapatkan Kredit Modal Usaha yang Harus Anda Tahu

Dalam memulai suatu bisnis tak dapat dipungkiri bahwa salah satu aspek yang sangat penting diperhatikan adalah modal. Walau memang bukan hal yang utama akan tetapi modal juga menjadi salah satu bagian penting dalam memulai usaha yang perlu dipikirkan dan dipertimbangkan. Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan modal usaha tersebut.

Memang Anda harus meyakinkan dan harus memiliki portofolio bisnis yang meyakinkan agar bisa dengan mudah mendapatkan kredit modal usaha. Berikut bagaimana langkah mudah untuk dapatkan kredit modal usaha yang harus Anda tahu dan terapkan. Dengan cara ini Anda bisa dapatkan modal usaha dengan mudah dan sesuai kebutuhan untuk memulai bisnis yang Anda inginkan. Cek informasi selengkapnya berikut ini!

Langkah Mudah Dapatkan Kredit Modal Usaha
Tentunya Anda harus meyakinkan agar bank bisa yakin dan memberikan kredit modal usaha kepada Anda. Langkah – langkahnya dalam mendapatkan kredit modal usaha yang perlu Anda terapkan agar lebih mudah di approve oleh bank yang bersangkutan sebagai berikut :

  • Bangun usaha dari skala kecil
    Kebanyakan bank akan langsung menolak untuk memberikan pinjaman modal jika usaha Anda baru berjalan. Apalagi jika belum berjalan sama sekali. Salah satu alasannya adalah khawatir bahwa bisnis tersebut mengalami kegagalan di tengah jalan dan Anda tidak dapat menyelesaikan pembayaran pinjaman yang bersangkutan. Jadi akan jauh lebih baik jika Anda awali usaha dari skala kecil lebih dulu.
  • Siapkan semua berkas termasuk mengenai identitas diri Anda
    Persyaratan yang umum dan wajib dipenuhi ketika ingin mengajukan suatu pinjaman adalah fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Hal ini memang sangat dibutuhkan untuk melengkapi syarat dalam bentuk pengajuan apapun termasuk ketika Anda meminjam dana di bank. Jadi identitas diri Anda harus sesuai dengan alamat tinggal Anda saat ini. Jika memang berbeda, Anda harus mencantumkan surat keterangan dari pihak lurah yang ada di wilayah Anda tersebut. Kemudian untuk pemohon yang sudah menikah, KTP yang perlu dicantumkan adalah kepemilikan Anda beserta pasangan sehingga pihak bank nantinya mengetahui jika pengajuan ini memang diketahui kedua belah pihak.
  • Anda wajib punya laporan keuangan
    Agar bank sangat mudah dalam memberikan kredit modal usaha kepada Anda maka kewajiban yang harus Anda lakukan adalah membuat laporan keuangan. Karena itu sangat baik untuk Anda selalu mencatat pengeluaran dan penghasilan Anda minimal selama satu tahun usaha Anda berjalan.
  • Jangan lupa buat rekening usaha
    Ada baiknya Anda pisahkan antara rekening pribadi dengan rekening usaha Anda. Gunakan untuk menyimpan dan menerima transfer atau bayaran secara khusus. Dengan begini Anda bisa tahu perputaran uang modal usaha Anda yang nantinya terekam dan berkas – berkas tersebut akan jauh bisa lebih meyakinkan pihak bank dalam memberikan pinjaman untuk modal usaha Anda.
  • Miliki catatan kredit yang baik
    Dalam menghindari adanya keterlambatan dalam membayar tagihan jangan sampai Anda memiliki tunggakan utang di tempat yang lain. Anda harus bisa menghitung jumlah total cicilan kredit yang Anda miliki seperti halnya KPR, KTA dan juga kartu kredit. Upayakan agar Anda tidak sampai lebih dari 33% – 40% dari total pendapatan yang Anda punya.
  • Bersikap jujur
    Bank dapat dengan mudah mengetahui adanya hal – hal tentang kecurangan atau berkas – berkas yang dipalsukan. Tentu jika ada kemungkinan hal tersebut dilakukan akan mencoreng kredibilitas Anda ketika akan mengajukan kredit yang lain. Jadi baiknya jangan sampai sekali – kali Anda mencoba memberikan keterangan yang tidak benar serta menyertakan dokumen pengajuan kredit yang palsu. Karena hal ini akan sangat mudah untuk pihak bank mengetahuinya dan pada akhirnya menolak kredit modal usaha yang tengah Anda ajukan.

Demikian berbagai langkah mudah untuk mendapatkan kredit modal usaha. Dengan menerapkan hal – hal diatas tentu akan lebih mudah bagi Anda mendapatkan kredit dari pihak bank yang nantinya dapat digunakan untuk pembiayaan usaha Anda.

This page needs javascript enabled !