Ketahui Peran Pentingnya Kekuatan Data Bagi Bisnis di Era Digital

Menjadi pebisnis atau pun pengusaha, baik itu bisnis online maupun offline, mempelajari data adalah salah satu hal yang tak bisa ditawar lagi. Data yang Anda lihat saat ini merupakan fakta yang terjadi dan bisa digunakan untuk menunjang kinerja sebuah bisnis kedepannya.

Nah, pada saat Anda bisa andalkan data tersebut untuk rancang strategis pemasaran dalam sebuah bisnis, maka yang demikian ini tentu akan sangat membantu Anda untuk terhindar dari berbagai kesalahan yang mungkin saja bisa terjadi. Contohnya saja saat Anda jalankan bisnis berjualan pakaian. Anda berasumsi bahwasannya warna biru saat ini sedang diminati banyak orang, sehingga kemudian Anda terus menerus produksi pakaian dengan warna biru.

Apabila fakta yang terjadi di lapangan sekarang ternyata berbeda, contohnya saja warna yang malah diminati banyak orang adalah warna merah, maka potensi konsumen untuk lirik produk yang dijual sangatlah kecil. Pastinya ini akan menjadikan bisnis Anda merugi, sebab sudah produksi pakaian dengan warna biru dalam jumlah banyak.

Ketahui Peran Pentingnya Kekuatan Data Bagi Bisnis di Era Digital

Bisa bantu hemat tenaga dan biaya
Data tak hanya bisa bantu bisnis dalam deteksi sesuatu yang lagi trend, tetapi keberadaan data juga bisa bantu bisnis Anda hemat biaya produksi dan hemat waktu serta tenaga. Bayangkan saja kira – kira berapa kerugian yang harus Anda tanggung jika Anda lakukan berbagai kesalahan berulang – ulang kali hanya karena andalkan metode trial and error. Tak mau pelajari data dan berusaha menerka – nerka dalam jalankan bisnis akan sangat menyita banyak waktu dan biaya. Disadari atau pun tidak, data tersebut pastinya bisa bantu pebisnis dalam mengenal, memahami, serta memprediksi perilaku konsumen pada market tertentu.

Mengelolah data menggunakan social media analytics
Sebetulnya Anda bisa mendapat banyak data dengan bantuan social media analytics. Dimana data tersebut dapat Anda lihat pada analytics tools akun social media bisnis, contohnya saja Facebook, Twitter, Instagam, dan lain – lain. Data ini yang kemudian Anda olah dan akan jadi acuan dalam mengambil langkah di masa yang akan datang, sehingga Anda tak akan salah strategi dalam jalankan bisnis.

Akhir – akhir ini sebuah perusahaan startup di Indonesia yang bernama GDILab telah berhasil buat sebuah terobosan terbaru dengan membuat aplikasi khusus untuk analisa data – data yang asalnya dari media sosial. Tool tersebut diberi nama GDI Analytics. Tool ini dibuat dengan menggunakan pemahaman bahwasannya sosial media tak hanya sebagai media untuk bersosial dan prmosi saja. Lebih dari itu, media sosial juga jadi media untuk mendengarkan opini serta percakapan tentang produk maupun layanan yang diungkap oleh masyarakat secara sukarela.

Dengan bantuan tool inilah maka akan memberi kesempatan yang lebih besar lagi bagi pelaku bisnis untuk ketahui kebutuhan masyarakat, sehingga bisa buat sebuah produk yang bisa jawab permintaan tersebut. Dan pastinya hal ini akan hilangkan atau setidaknya kurangi rasa khawatir Anda, apa produk yang akan dibuat diterima atau pun tidak.

Bisa disimpulkan bahwa, supaya proses pembuat strategi bisnis jadi lebih mudah dipahami, Anda harus selalu menggunakan data yang didapatkan dari analytics tools. Menjalankan sebuah bisnis tak bisa hanya berdasarkan asumsi atau pun modal tekat saja dengan hanya menerka – nerka. Selalu gunakan data, sebab data merupakan senjata paling ampuh untuk bersaing di dunia bisnis.
Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang peran pentingnya kekuatan data bagi bisnis di era digital. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !