Bongkar Rahasia Promosi Usaha Makanan Agar Dapat Pelanggan yang Banyak

Sudah tahu belum cara mempromosikan usaha makanan yang tepat agar memiliki banyak pelanggan? Jika memang masih belum tahu, itu artinya Anda harus menyimak hingga selesai ulasan yang akan kami bagikan berikut ini tentang rahasia promosi usaha makanan agar dapat pelanggan yang banyak.

Cara promosi usaha makanan adalah salah satu faktor terpenting dalam perjalanan bisnis atau usaha kuliner. Menjalankan berbagai strategi yang efektif untuk mempromosikan produk kuliner yang dijual tentu bisa memberikan dampak luar biasa. Nah, khususnya nih buat Anda para pecinta kuliner dan pemilik usaha makanan, di bawah ini adalah beberapa cara mudahnya promosi usaha makanan yang bisa Anda simak dan pelajari untuk kemudian diterapkan pada usaha Anda.

Rahasia Promosi Usaha Makanan Agar Dapat Pelanggan yang Banyak

  • Manfaatkan media sosial yang ada
    Melakukan promosi di berbagai media sosial tak hanya mengenai penjualan secara langsung, akan tetapi lebih ke branding serta membangun komunikasi yang baik dua arah dengan warga di media sosial. Memanfaatkan media sosial yang ada untuk promosi tentu lebih hemat banyak uang untuk urusan promosi. Selain gratis, dengan media sosial Anda bahkan bisa kumpulkan data base calon pelanggan yang potensial.
  • Mengenalkan bisnis ke instansi terdekat
    Rahasia promosi bisnis atau usaha satu ini bisa dibilang cukup efektif supaya langsung mendapat perhatian dari target market yang sedang dibidik. Contohnya saja, Anda jual kuliner khas daerah, maka Anda bisa langsung hubungi dinas pariwisata atau pun departmen perindustrian, serta instansi terkait lainnya, untuk bekerjasama dalam membangun pariwisata dan mengenalkan makanan khas daerah pada turis asing.
  • Membangun kerjasama dengan agen perjalanan
    Untuk yang satu ini adalah cara promosi usaha makanan yang memang tidak banyak dilakukan. Akan tetapi jika berbicara mengenai kuliner makanan khas daerah, maka akan sangat relevan jika Anda melakukan kerjasama dengan agen perjalanan. Anda bisa tawarkan komisi pada partner yang mau membantu mempromosikan kuliner Anda. Jadi, tiap kali turis yuang belanja di tempat Anda atas rekomendasi sih agen perjalanan, maka agen akan mendapat komisi.
  • Buat program diskon di waktu – waktu tertentu
    Pada waktu – waktu tertentu, biasanya seseorang akan berbelanja lebih banyak dari biasanya. Contohnya saja pada saat hari Raya Iduk Fitri atau pun hari Raya Natal. Nah, pada kesempatan yang baik tersebut Anda bisa buat program diskon untuk menarik lebih banyak lagi pelanggan untuk berbelanja kuliner Anda. Sehingga penjualan yang minim di hari – hari sepi pembeli akan segera tertutupi dengan penjualan besar – besaran di waktu – waktu tertentu. Dengan demikian, usaha kuliner Anda akan tetap mendapat untung.
  • Tetap konsisten menjaga kualitas makanan yang dijual
    Rahasia selanjutnya adalah dengan menjaga kualitas dan rasa makanan yang dijual. Promosi ke luar dengan gencarnya akan sia – sia jika Anda tidak bisa memberi kualitas terbaik pada konsumen. Selain hal tersebut, mempertahankan kualitas yang sudah dibuat sejak awal adalah hal berikutnya yang wajib Anda jaga. Anda pastinya pernah bertemu dengan usaha makanan yang kurang konsisten dengan citra rasa makanan yang dijual saat konsumennya sedang ramai – ramainya. Yang demikian ini bukan hal bagus, sebab akan membuat kecewa para pelanggan.
  • Buat stiker dan memasang di tempat yang mudah terlihat
    Rahasia promosi yang terakhir ini sepertinya sudah sangat sering dilihat. Umumnya stiker tersebut akan dipasangkan di beberapa tempat yang sering dilalui oleh orang, sehingga mudah terlihat oleh khalayak ramai. Akan tetapi, pastikan Anda tidak memasangkan di tempat yang memang dilarang. Contohnya saja di fasilitas umum maupun properti pribadi, sebab yang demikian tersebut bisa mengakibatkan orang lain merasa tak nyaman.

Nah, itulah beberapa rahasia promosi usaha makanan agar dapat pelanggan yang banyak. Semoga informasinya bermanfaat.

This page needs javascript enabled !