Tips dan Trik Renovasi Rumah yang Hemat Budget

Setelah beberapa tahun ditinggali rumah akan mengalami nilai penyusutan dengan angka tertentu sehingga Anda harus mengembalikan nilai susutnya dengan merenovasi kembali rumah yang Anda tinggali tersebut. Lantas sudahkah Anda siapkan budget untuk renovasi rumah?

Kebanyakan ketika bicara tentang renovasi rumah sebagian besar orang merasa minder dan takut karena menganggap kalau merenovasi rumah butuh budget yang sangat besar. Padahal sebenarnya tidak selamanya yang namanya renovasi rumah butuh budget yang besar karena yang paling penting adalah Anda memiliki trik dan tips dalam melakukan renovasi agar bisa hemat budget. Berikut tips dan trik renovasi rumah yang hemat budget dan direkomendasikan untuk Anda terapkan. Cek informasi lengkapnya berikut ini!

Tips dan Trik Renovasi Rumah yang Hemat Budget

  • Hitung dulu rencana pengeluaran
    Setiap orang tentu punya budget yang berbeda dalam merenovasi rumah. Ada yang punya budget besar dan ada yang punya budget kecil. Untuk Anda yang memiliki budget kecil tentu Anda harus benar – benar jeli dalam membuat perhitungan biaya. Jika perlu Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya agar bisa mendapatkan rencana pengeluaran terbaik untuk mengatur budget renovasi rumah Anda. Hitung besarnya komponen beton, buat perhitungan volume secara satuan kemudian kalikan dengan harga satuan per m3 yang disusun atas dasar analisa penggunaan material per m3.
  • Toko material bisa jadi rekan Anda
    Di sekitar tempat tinggal atau di kota Anda kemungkinan Anda akan temukan toko material yang memberikan kemudahan bagi calon pembeli untuk melakukan renovasi dengan cara mengangsur untuk pembelian material bangunan di toko. Anda bisa bekerjasama dengan mereka. Dengan adanya kerjasama ini, kedua belah pihak tentu saling diuntungkan dengan menjadi rekan dimana pembeli dapat mengalokasikan dana renovasi secara bertahap sementara pemilik toko juga terbantu dengan pembelian stock secara rutin untuk memenuhi target penjualan stock dari supplier mereka. Jika Anda tertarik berjalan dengan sistem pembayaran seperti ini baiknya Anda menjalin hubungan dekat dengan suatu toko material dan jadikan mereka rekan Anda.
  • Pilih kontraktor dengan jeli dan hati – hati, termasuk dalam memilih jasa tukang
    Dalam mendesain, membangun dan merenovasi rumah, di kota besar sudah lumrah digunakan jasa kontraktor bangunan. Anda bisa bekerjasama dengan jasa kontraktor freelance atau yang tergabung dalam suatu perusahaan resmi. Jika ingin merenovasi rumah atau bangunan lain dengan menggunakan jasa kontraktor baiknya Anda cari dengan teliti dan pilih kontraktor yang benar – benar jujur, profesional dan berpengalaman. Akan tetapi yang Anda harus perhatikan bahwa jangan sampai hanya demi menghemat biaya Anda memaksakan menggunakan kontraktor yang murah namun belum berpengalaman. Baiknya upayakan untuk Anda cek semua hal yang berkaitan dengan penyedia jasa dan jangan sampai Anda salah pilih.

Demikian beberapa tips dan trik renovasi rumah yang hemat budget untuk Anda terapkan. Dengan tips diatas Anda bisa meminimalisir kemungkinan budget yang membengkak dan semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.