Haruskah Membeli Smartphone Dual Camera?

Salah satu trend spesifikasi smartphone yang semenjak tahun 2016 lalu mulai menjamur adalah trend dual kamera. lalu apakaha memang kita harus membeli smartphone dual camera agar mendapatkan kualitas terbaiknya? Jawabannya tidak. Ada banyak pertimbangan lain selain keberadaan dual camera untuk smartphone yang layak anda beli. Berikut alasannya.

  • Fungsi Dual Camera
    Sebelum anda membeli smartphone dual camera pastikan lagi fungsi dari dual camera tersebut. Karena di pasaran fungsinya berbeda beda. Ada yang dual camera tersebut merupakan kamera yang terintegrasi atau saling berhubungan untuk mendapatkan vocal length sehingga mampu menampilkan blur yang indah, ada yang mengandalkan salah satu lensanya adalah lensa wide untuk mengambil gambar dengan luas, dan terakhir ada yang lensanya merupakan lensa tele yang mampu mengambil gambar jarak jauh. Kedua fungsi lensa selain yang terintegrasi tersebut mungkin tidak selalu anda pakai, sehingga kembali menjadi gimmick saja.
  • Bukan Selelalu Tentang Bokeh
    Ya, foto yang baik sendiri tidak harus selalu tentang adanya bokeh di hasil foto. meskipun memang bokeh ini akan memperindah foto, namun dari sisi lain seperti ketajaman, iso untuk mengambil gambar dalam gelap, kontras warna dan keberadaan OIS tidak bisa anda tinggalkan. Jadi membeli smartphone dual camera pun tidak hanya asal ada dua kamera belakang saja, satu kamera saja sudah cukup jika mampu memenuhi aspek dalam berfoto.