Tanda Rahim Bersih Pasca Keguguran 1 Kali yang Harus Diketahui

Tak ada wanita yang ingin mengalami keguguran. Tentunya bagi wanita keguguran merupakan suatu kenyataan yang sangat menyakitkan. Akan tetapi memang tidak semua wanita dikaruniai Tuhan dengan rahim yang sehat sempurna dan bisa mempertahankan janin sampai proses persalinan tiba. Beberapa wanita justru harus mengalami pahitnya keguguran.

Jika Anda pernah mengalami keguguran dan ingin hamil lagi, disarankan agar Anda menunggu sampai rahim Anda siap dulu. Kesiapan rahim biasanya terjadi setelah 6 bulan pasca keguguran atau setidaknya 3 bulan pasca keguguran. Anda juga bisa hamil kembali setelah rahim benar – benar dinyatakan bersih. Berikut tanda rahim bersih pasca keguguran 1 kali yang Anda harus tahu.

Tanda Rahim Bersih Pasca Keguguran 1 Kali

  • Menstruasi secara teratur
    Setelah mengalami keguguran, seorang wanita akan mengalami gangguan berupa menstruasi yang tidak menentu. Hal ini bisa jadi disebabkan belum bersihnya rahim pada wanita tersebut. Jika sudah bersih, maka nantinya menstruasi yang dialami akan secara teratur karena sudah tidak ada lagi sisa embrio dalam rahim Anda. Jika Anda tidak mengalami menstruasi sampai 3 bulan atau bahkan pendarahan sampai 1 bulan ada baiknya Anda segera konsultasikan hal tersebut ke dokter atau bidan terkait.
  • Tidak mengalami nyeri perut
    Umumnya orang yang mengalami keguguran akan merasakan sakit perut. Sakit perut yang dirasakan ini sebenarnya berasal dari rahim karena didalam rahim terjadi sebuah kontraksi yang hebat. Ketika Anda masih mengalami sakit perut setelah keguguran maka itu artinya rahim Anda masih belum bersih secara total dan Anda harus melakukan pembersihan rahim secara menyeluruh. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan rahim setelah keguguran diantaranya dengan melakukan kuret atau mengonsumsi obat antibiotik.
  • Tidak merasa lemas
    Pada umumnya setelah keguguran wanita akan merasa lemas dan tidak mampu untuk berdiri. Jika Anda merasakan demikian, konsumsi air kelapa hijau yang mengandung elektrolit untuk membuat tubuh Anda kembali segar. Jika Anda sudah tidak mudah merasa lemas, kemungkinan besar rahim Anda sudah bersih pasca keguguran.
  • Mulut rahim sudah tertutup
    Jika Anda ingin tahu apakah rahim sudah bersih atau tidak adalah dengan melihat mulut rahim. Jika mulut rahim belum menutup itu artinya rahim belum kembali secara total. Sebaliknya jika mulut rahim sudah menutup itu artinya rahim Anda sudah jauh lebih bersih dari sebelumnya. Anda juga bisa menanyakan tentang sudah menutup atau belumnya mulut rahim kepada dokter kandungan.

Itulah beberapa tanda rahim bersih pasca keguguran 1 kali yang Anda harus ketahui. Untuk lebih jelas mengenai sudah bersih atau tidaknya rahim Anda, Anda bisa konsultasikan dengan dokter kandungan setelah mengalami keguguran.

This page needs javascript enabled !