Gerakan Senam Hamil untuk Cegah Kelahiran Sungsang, Ibu Hamil Sungsang Harus Terapkan

Bayi sungsang merupakan suatu kondisi kehamilan abnormal yang terjadi ketika posisi kepala bayi berada diatas di usia kehamilan menjelang trimester tiga atau menjelang proses persalinan. Sampai saat ini bayi sungsang menjadi momok bagi para ibu hamil utamanya ketika mereka sudah tahu posisi bayinya mengalami sungsang dengan melakukan USG. Akan tetapi jangan terlalu khawatir karena posisi bayi sungsang masih bisa diatasi.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengubah posisi bayi Anda menjadi normal dengan gerakan senam kehamilan. Senam kehamilan diklaim sangat efektif untuk mengatasi bayi sungsang agar kembali ke posisi secara normal. Berikut gerakan senam hamil untuk bayi sungsang yang wajib Anda tahu dan terapkan.

Gerakan Senam Hamil Untuk Bayi Sungsang

  • Yoga Downward
    Gerakan senam hamil untuk mengatasi dan mengembalikan posisi bayi sungsang yang pertama dapat dilakukan adalah dengan gerakan senam hamil Yoga Downward. Gerakan senam hamil Yoga Downward dapat dilakukan dengan mengangkat bokong dan perut menggunakan kaki dan juga tangan. Jika Anda merasa terlalu berat melakukannya, Anda juga bisa menggunakan bantuan bola besar yang biasanya sering digunakan untuk melakukan senam pilates. Dengan bantuan bola Anda akan merasa lebih ringan.
  • Berenang
    Selain dengan melakukan Yoga Downward, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengembalikan bayi sungsang ke posisi normal adalah dengan berenang. Berenang sangat ampuh dan dapat membantu dalam stimulasi posisi bayi sungsang agar kembali ke posisi secara normal. Berenang juga termasuk ke dalam jenis olahraga yang baik untuk ibu hamil. Berenang dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan Anda untuk menghadapi persalinan secara normal.
  • Merangkak
    Merangkak seperti kucing dipercaya juga dapat menjadi alternatif senam hamil untuk mengembalikan bayi yang sungsang ke posisi seharusnya. Merangkak dilakukan selama beberapa langkah kemudian berdiri dan mengambil nafas. Kemudian melakukan hal yang sama kembali dalam beberapa kali repetisi.
  • Gerakan knee chest
    Gerakan senam hamil yang lainnya dapat dijadikan pilihan untuk mengembalikan posisi bayi sungsang ke posisi semula adalah knee chest. Gerakan knee chest dilakukan dengan menungging ke arah samping agar perut tertekan dan hal ini dapat menstimulasi bayi ke posisi secara normal. Satu hal yang Anda perlu ingat dalam melakukan gerakan knee chest adalah jangan sampai Anda menekan perut terlalu kuat karena hal tersebut dapat membahayakan janin Anda. Lakukan tekanan kecil saja asal sering dilakukan. Atur kemudian nafas dan ulangi gerakan ini dalam 10 kali repetisi setiap hari di usia kehamilan tua untuk mengubah posisi bayi yang sungsang agar kembali normal.

Untuk mengatasi bayi sungsang, terapkan gerakan senam hamil diatas dan dapatkan manfaatnya. Konsultasikan juga dengan dokter Anda sebelum melakukan gerakan – gerakan senam hamil diatas agar lebih aman.

This page needs javascript enabled !