Gerakan Senam Ibu Hamil Trimester Pertama untuk Cegah Keguguran

Kehamilan tentu menjadi sebuah kabar yang sangat menggembirakan utamanya bagi mereka yang baru memiliki momongan. Ya, dalam sebuah rumah tangga tentunya hadirnya seorang anak menjadi sebuah berita yang sangat dinantikan. Jika Anda juga sangat menantikan hadirnya seorang anak, tentu kehamilan muda yang Anda alami ini juga harus dijaga dengan sebaik mungkin. Jangan sampai Anda salah beraktivitas atau melakukan hal – hal yang dapat mengancam keselamatan janin didalam rahim Anda.

Selain itu, mengonsumsi makanan bernutrisi sembari melakukan gerakan senam untuk ibu hamil juga disarankan. Berikut gerakan senam ibu hamil trimester pertama untuk cegah keguguran yang sangat disarankan untuk dilakukan ibu hamil. Lakukan setiap hari secara rutin untuk meraih manfaat kesehatannya bagi Anda dan janin bunda!

Baca juga: Make Up Korea

Gerakan Senam Ibu Hamil Muda Untuk Cegah Keguguran

  • Push up dengan media dinding
    Gerakan senam ibu hamil trimester pertama yang disarankan untuk dilakukan adalah melakukan push up dengan media dinding. Gerakan ini bisa dilakukan sebagai pengganti push up agar tidak menekan perut. Push up yang dilakukan dengan media dinding ini juga sangat dianjurkan karena dapat melatih pernapasan dan memperkuat otot dada.

    Cara melakukan gerakan senam ibu hamil trimester pertama yang satu ini adalah dengan berdiri tegak pada sebuah bidang dinding. Selanjutnya buka kaki sekadarnya sampai kedua lutut tidak menempel. Kemudian lebarkan posisi tangan agar lebih lebar dibandingkan bahu. Tekuk siku dan turunkan dada sampai menyentuh dinding. Namun upayakan posisi punggung tetap tegak lurus dan tidak boleh membengkok. Selanjutnya lakukan gerakan push up berurutan sebanyak 15 kali dalam 1 hari.

  • Senam kegel
    Senam kegel juga sangat disarankan untuk ibu hamil muda. Salah satu manfaat dengan melakukan senam kegel ini adalah dapat memperkuat otot – otot vagina agar lebih kuat dan lebih siap dalam menjalani dan menyongsong perkembangan janin didalam rahim. Senam kegel juga dapat membantu keguguran karena otot vagina yang lemah. Cara melakukan senam kegel juga sangat mudah. Langkahnya yaitu Anda lakukan gerakan seperti sedang menahan kencing di area kewanitaan. Lakukan beberapa kali dalam sehari.
  • Senam yoga
    Senam yoga merupakan sebuah rangkaian senam yang memiliki tujuan untuk meredakan stres dan memberikan kesan rileksasi bagi pelakunya. Yoga akan membantu mencegah stres bagi ibu hamil muda khususnya untuk ibu yang baru pertama kali merasakan kehamilan. Namun untuk ibu hamil yang masih belum pernah yoga atau belum berpengalaman melakukan yoga baiknya Anda melakukan senam yoga dibantu dengan terapis yang berpengalaman.
  • Gerakan senam dengan mengangkat kaki
    Gerakan senam selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah keguguran dan menjaga janin tetap sehat didalam rahim adalah dengan mengangkat kaki. Tujuannya adalah untuk memberikan kekuatan pada bagian punggung dan perut sehingga tubuh ibu akan lebih siap dalam menopang berat badan janin di kemudian hari.

    Cara melakukan senam ini dengan Anda memposisikan tubuh seperti bayi yang sedang merangkak. Kemudian angkat salah satu kaki dan luruskan ke arah belakang. Posisikan kaki sejajar dengan area punggung Anda. Tahan dalam beberapa detik dan ulangi cara yang sama dengan kaki yang lainnya. Anda bisa lakukan secara bergantian sampai dengan 10 kali dalam sehari.

  • Step up position
    Gerakan step up pada ibu hamil muda dilakukan dengan bantuan anak tangga. Caranya yaitu dengan Anda berdiri tegak di depan tangga. Kemudian ibu hamil bisa melangkahkan kaki kanan ke anak tangga depan. Setelah itu angkat badan dengan searah gerakan kaki. Lakukan cara yang sama untuk kaki kiri. Anda perlu melakukan terus menerus secara rutin setiap hari dengan jumlah yang Anda kehendaki. Senam step up ini bisa bermanfaat untuk memperkuat otot bagian kaki utamanya di pangkal paha yang dekat dengan organ kewanitaan agar bisa lebih kuat dalam menopang janin yang akan terus menerus berkembang nantinya.

Itulah beberapa gerakan senam ibu hamil trimester pertama yang disarankan dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan janin dan mencegah potensi keguguran. Terapkan dan dapatkan manfaat sehatnya untuk kesehatan Anda dan janin didalam rahim.

This page needs javascript enabled !