Ciri – Ciri Varises Rahim Pasca Melahirkan dan Perawatan

Varises rahim merupakan sebuah kondisi terjadinya pelebaran, pembengkakan, atau pun pembesaran pembuluh darah yang ada kaitannya dengan rahim. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada wanita yang sudah pernah melahirkan lebih dari 2 kali. Biasanya sangat jarang sekali terjadi pada wanita muda yang belum pernah melahirkan. Selama kehamilan, pembuluh darah ini akan membesar untuk tingkatkan aliran darah ke dalam rahim sehingga janin pun jadi sehat. Tetapi seharusnya pembuluh darah akan mengecil segera secara alami setalah proses persalinan terjadi, baik itu secara normal atau pun operasi caesar. Kemudian saat bagian ini tidak mengecil maka terjadilah varises rahim. Di bawah ini adalah beberapa ciri – ciri varises rahim yang harus Anda perhatikan dan tips perawatannya.

Ciri – Ciri Varises Rahim Pasca Melahirkan

  • Nyeri panggul
    Ciri pertama yang paling sering terjadi adalah rasa nyeri di panggul. Mungkin saja Anda tidak bisa rasakan nyeri di bagian rahim dan sekitarnya. Akan tetapi rasa nyeri di bagian panggul ini bisa melakukan penyebaran hingga ke bagian perut bawah, sakit di kaki, dan tidak nyaman. Sebab rasa sakit inilah maka biasanya akan terus memburuk pada saat kambuh.
  • Nyeri saat ganti posisi tubuh
    Perlu Anda tahu bahwa gangguan pada sistem pembuluh darah juga bisa sebabkan hal yang tak nyaman pada tubuh. Varises buat sistem pembuluh darah di bagian bawah tubuh tak bisa bekerja normal sebagaimana mestinya, sebab itu umumnya saat baru berdiri atau pun duduk lama maka akan buat tubuh sakit pada saat digerakkan. Rasa sakit ini bisa menyebar mulai dari bagian bawah tubuh, panggul, dan kaki.
  • Gangguan kemih
    Ibu hamil pasca melahirkan yang alami varises rahim umumnya akan terkena gangguan sistem kemih. Ini pastinya sangat berbeda dengan masalah sering kencing saat kehamilan, sebab terjadi saat tidak sedang hamil. Adanya pembuluh darah yang terus melebar akan sebabkan tekanan pada bagian kantung kemih, akibatnya kantung kemih pun tidak bisa menyimpan urine secara normal, sehingga penderita akan merasa lebih sering buang air kecil tetapi tidak ada rasa sakit.

Tips Perawatan Varises Rahim Pasca Melahirkan

  • Obat analgesik
    Obat ini biasanya diberikan dokter untuk bantu atasi rasa sakit dan tak nyaman di bagian perut bawah dan bagian bawah tubuh. Umumnya analgesik bisa kurangi rasa sakit untuk sementara waktu. Tetapi obat tersebut tidak bisa digunakan terus – menerus sebab bisa sebabkan efek samping.
  • Pil KB
    Beberapa dokter juga sering memberikan pil KB ini untuk kurangi frekuensi menstruasi dan rasa sakit pada saat menstruasi. Apabila saat perawatan ingin berhenti sebab ingin mencoba untuk hamil lagi, maka tetap bisa dengan cara cepat hamil setelah pil KB.
  • Embolisasi
    Embolisasi ini dilakukan apabila varises rahim sudah sangat parah. Ini merupakan sebuah tindakan non bedah yang dilakukan dengan cara menyuntikkan kumparan kecil ke dalam pembuluh darah di bagian varises. Umumnya tindakan tersebut dilakukan pasca melakukan pemeriksaan detail sehingga dokter pun tahu bagian mana saja yang akan jadi sasaran embolisasi.

Itulah berbagai ciri – ciri varises rahim pasca melahirkan dan perawatannya. Karena yang demikian ini adalah kondisi yang tidak nyaman juga kemungkinan berbahaya bagi sistem reproduksi, sehingga harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter ahli.

This page needs javascript enabled !