Cara Mengatasi Mual pada Ibu Hamil Muda Tanpa Obat Paling Efektif

Cara mengatasi mual pada ibu hamil muda ini pastinya sangat bermanfaat sekali bagi ibu hamil yang alami mual dan muntah. Memang pada saat hamil muda hingga kehamilan berumur 3 bulanan, ibu hamil masih alami kerawanan. Janin masih cukup rentan sekali untuk gugur, oleh karenanya saat hamil muda ibu harus menjaga kehamilannya sebaik mungkin. Saat hamil biasanya indera penciuman ibu jadi lebih peka sehingga rasa mual pun lebih mudah muncul apabila ibu mencium sesuatu yang menusuk penciumannya. Nah, untuk mengatasi mual pada ibu hamil muda, berikut ini ada beberapa cara mengatasi mual tanpa obat pada ibu hamil yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Mual pada Ibu Hamil Muda Tanpa Obat Paling Efektif

  • Menghindari makanan pemicu gas
    Makanan yang bisa menimbulkan gas dalam perut memang tidak boleh dikonsumsi, sebab makanan tersebut bisa buat perut terasa kembung atau penuh, sehingga terjadilah mual. Beberapa makanan yang harus dihindari ibu hamil muda adalah nangka, kol, durian, sawi hijau, dan berbagai makanan hasil fermentasi.
  • Minum cukup
    Biasanya frekuensi muntah sering sekali sebabkan ibu hamil kekurangan cairan. Oleh karenanya ibu hamil harus bisa gantikan cairan yang hilang dengan cara mengkonsumsi air putih yang banyak, tetapi juga tidak boleh berlebihan. Air putih hangat bisa jadi pilihan bagi ibu hamil yang merasa mual dan muntah. Sebab air hangat ini dipercaya bisa menetralisir penyebab mual pada ibu hamil muda, sebab rasa hangatnya bisa lebih diterima baik oleh usus jika dibandingkan dengan air putih dingin.
  • Konsumsi buah kaya vitamin C
    Buah – buahan yang banyak mengandung vitamin C ini juga dipercaya jadi cara paling tepat untuk mengatasi mual pada ibu hamil muda jika dikonsumsi secara teratur. Vitamin C tersebut bermanfaat untuk menetralisir rasa mual. Buah yang terlalu asam tidak dianjurkan bagi ibu hamil muda yang menderita asam lambung.
  • Konsumsi buah dingin
    Buah – buahan memang dikenal kaya akan serat dan vitamin. Bagi ibu hamil muda yang menderita asam lambung masih bisa konsumsi buah – buahan dingin. Buah dalam kondisi dingin ini dipercaya bisa mentralisir rasa mual jika dibandingkan buah yang didiamkan dalam suhu ruangan. Alasannya buah dingin bisa menetralisir rasa mual adalah karena suhunya akan alami penurunan. Suhu buah yang menurun ini akan bisa diterima baik oleh susu jika dibandingkan dengan buah dengan suhu biasa.
  • Olahraga
    Ibu hamil muda juga harus rutin berolahraga. Olahraga bagi ibu hamil muda yang bisa dilakukan adalah olahraga ringan, seperti jalan – jalan di pagi hari. Jalan – jalan di pagi hari ini tak hanya bisa menyehatkan tubuh ibu hamil tetapi juga bisa membantu menghilangkan rasa mual pada ibu hamil.
  • Mendinginkan suhu tubuh
    Ibu hamil muda umumnya memiliki suhu tubuh yang meningkat, pada saat suhu tubuh meningkat maka rasa mual pun akan ditimbulkan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut ibu bisa duduk dan berdiam diri di tempat yang sejuk dan dingin. Tempat – tempat inilah sangat bermanfaat sekali untuk mendinginkan suhu tubuh ibu hamil muda, apabila suhu tubuhnya sudah kembali normal, maka rasa mual pun akan menghilang.

Itulah beberapa cara mengatasi mual pada ibu hamil muda tanpa obat paling efektif yang bisa kami informasikan. Jika mual yang terjadi tak kunjung redah dan justru semakin parah, maka sebaiknya periksakan diri Anda pada dokter atau bidan kepercayaan untuk mendapat penanganan secara tepat dan cepat.

This page needs javascript enabled !