Cara Aman Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pasca Melahirkan

Ada banyak sekali masalah kehamilan yang bisa saja muncul pada saat sebelum proses persalinan dan terus bertahan hingga setelah persalinan. Kondisi yang bisa terus muncul pasca melahirkan normal atau pun melalui operasi caesar ini adalah tekanan darah pada ibu yang meningkat. Situasi tingginya tekanan darah tersebut biasanya disebut sebagai kondisi preeklampsia yang pastinya sangat membahayakan bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Keadaan dimana tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa juga terjadi setelah proses persalinan.

Berbagai bahaya yang bisa saja ditimbulkan oleh tekanan darah tinggi pasca melahirkan pada ibu hamil diantaranya sebagai memicu terjadinya perdarahan hebat, preeklampsia pasca melahirkan, rusaknya beberapa fungsi organ khususnya ginjal, lamanya waktu penyembuhan ibu pasca melahirkan, dan resiko terjadinya serangan stroke pada ibu hamil. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi pada ibu hamil ini bisa dilakukan beberapa upaya, misalnya saja dengan melakukan cara – cara aman di bawah ini.

Cara Aman Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pasca Melahirkan

  • Hindari beberapa makanan pemicu naiknya tekanan darah tinggi
    Cara aman pertama yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi pasca melahirkan adalah dengan menghindari berbagai macam makanan yang bisa memicu naiknya tekanan darah tinggi. Walaupun menghindari makanan pemicu darah tinggi tidak bisa menurunkan tekanan darah yang sudah terlampau tinggi tanpa bantuan pengobatan lainnya, tetapi setidaknya tekanan darah tidak naik lagi, sebab salah dalam memilih makanan.
  • Penggunaan obat – obatan herbal
    Pasca melahirkan, ibu akan lakukan tugas lain terhadap bagi yang dilahirkan berupa pemberian ASI (Air Susu Ibu) sebagai makanan utama untuk tumbuh kembang bayi. Sebab itu, ibu tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi obat – obatan kimia yang ditakutkan bisa pengaruhi bayi yang masih sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan dari luar tubuhnya. Sehingga bagi ibu yang menderita tekanan darah tinggi setelah melahirkan, mengkonsumsi obat – obatan herbal bisa digunakan sebagai alternatif yang lebih aman daripada penggunaan obat – obatan kimia.
  • Konsumsi obat anti hipertensi
    Jika memang kondisi tekanan darah tinggi ibu tak kunjung turun setelah melakukan berbagai macam cara, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat anti hipertensi yang sesuai. Walaupun beberapa bahan kimia ada di dalam obat tersebut dan bisa mempengaruhi kondisi bayi, tetapi pemberian obat anti hipertensi ini sangat perlu dilakukan sebagai langkah untuk menghindarkan ibu dari berbagai bahaya yang bisa saja mengancam kesehatannya.

Berbagai upaya tersebut bisa dilakukan sebagai cara aman menurunkan tekanan darah tinggi pasca melahirkan. Untuk hasil yang lebih baik, ada baiknya ibu melakukan keseluruhan cara di atas yang dirasa aman dan sudah mengkonsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan atau bidan kepercayaan Anda.

This page needs javascript enabled !