Berbagai Bahaya Jengkol Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama Wajib Anda Tahu

Suka makan jengkol? Jengkol memang termasuk salah satu jenis makanan yang lezat dan bisa dibilang sangat menggugah selera. Akan tetapi kira – kira bagaimana jika yang makan jengkol adalah ibu hamil terimester pertama? Pastinya tiap ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Berbagai jenis makanan bergizi memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Kekurangan nutrisi tak hanya berdampak pada ibu saja, tetapi juga janin. Jengkol sebetunya makanan yang bergizi karena di dalamnya mengandung nutrisi yang cukup lengkap, termasuk mineral, vitamin, dan senyawa alami. Tetapi apa ada bahaya jengkol bagi ibu hamil trimester pertama? Yuk simak dulu informasinya berikut ini.

Berbagai Bahaya Jengkol Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama Wajib Anda Tahu

  • Sebabkan morning sickness parah
    Meskipun saat hamil trimester pertama umumnya ibu hamil akan alami morning sickness, dan yang demikian ini adalah hal yang sangat wajar, sebab tubuh ibu sedang alami perubahan hormon yang drastis. Tetapi saat ibu tetap makan jengkol dengan berbagai alasan, maka morning sickness bisa saja jadi sangat parah. Ibu akan merasa sangat pusing, mual, nyeri tubuh, demam, dan, muntah.
  • Memicu mual dan muntah yang berlebih
    Aroma jengkol yang cukup kuat memang tidak jadi masalah bagi ibu biasa. Tetapi bagi ibu hamil trimester pertama biasanya aroma tersebut bisa sebabkan mual dan muntah yang parah. Hal ini terjadi karena indra penciuman ibu hamil memang bisa jadi lebih tajam. Kemudian muntah bisa jadi lebih sering lagi sehingga tubuh ibu pun jadi sangat lemah. Walaupun pada tahapan yang ringan tidak berbahaya, tetapi saat sudah parah ibu hamil bisa sakit.
  • Sakit pinggang yang parah
    Nyeri pinggang saat kehamilan memang sering dianggap sebagai hal yang wajar terjadi, akan tetapi apabila semua ini terjadi setelah ibu makan jengkol, maka hal tersebut bisa jadi pertanda bahaya bagi ibu dan janin. Jengkol memiliki kandungan senyawa khusus yakni asam jengkolat. Dimana kandungan asam tersebut bisa sebabkan penumpukan pada sistem sekresi tubuh dan reaksi ini juga bisa buat pinggang ibu hamil sakit parah seperti sulit berdiri atau duduk.
  • Sulit buang air kecil
    Penumpukan kandungan asam jengkolat di dalam tubuh ibu memang sudah seharusnya bisa keluar lewat urine. Akan tetapi pada kenyataannya saat semua asam tersebut menumpuk malah bisa sebabkan ibu sulit untuk buang air kecil. Sehingga yang demikian ini pastinya sangat berbahaya sekali sebab seharusnya ibu hamil trimester pertama juga alami sering kecing saat hamil. Biasanya hal ini tidak bisa diobati walaupun ibu sudah minum air putih yang banyak. Perawatan bisa dilakukan di rumah sakit oleh dokter kandungan yang akan memberikan obat untuk melancarkan urine ibu hamil.

Nah, itulah berbagai bahaya jengkol bagi ibu hamil trimester pertama wajib Anda tahu. Hindari terlalu banyak makan jengkol, atau tidak sama sekali supaya kehamilan Anda tetap sehat.

This page needs javascript enabled !