Oleh – Oleh Kerupuk Unik Khas Jawa Barat, Jangan Lupa Berburu Traveler!

Kira – kira apa sih yang tidak pernah ketinggalan tiap Anda selesai berkunjung dan berwisata ke suatu wilayah? Pastinya berburu oleh – oleh, baik itu berupa cinderamata atau pun panganan khas daerah tersebut. Apabila Anda baru saja habiskan waktu di berbagai daerah khususnya di Jawa Barat, maka akan ada banyak sekali oleh – oleh yang bisa Anda borong. Namun diantara sekian banyaknya jenis oleh – oleh yang bisa Anda pilih, oleh – oleh keripuk ternyata jadi salah satu yang paling banyak dibeli, sebab awet dan ringan dibawa. Dan ternyata di Jawa Barat ada banyak sekali jenis kerupuk khas yang unik. Apa saja itu?

Oleh – Oleh Kerupuk Unik Khas Jawa Barat

  • Gapit dari Cirebon
    Jika Anda sedang liburan ke Cirebon jangan lupa untuk berburu gapit. Gapit adalah salah satu panganan khas kota tersebut. Diberi nama gapit sebab saat proses memasak, adonan kerupuknya harus digapit dengan lempengan besi besar supaya bentuknya jadi pipih. Lempengan besi tersebut juga menjadikan tesktur gapit unik. Ada banyak sekali varian rasa dari kerupuk unik bahan dasar tepung tapioka ini, diantaranya rasa keju, bawang, wijen, kencur, original, udang, dan banyak lagi lainnya.
  • Kerupuk rambak
    Ini adalah jenis oleh – oleh kerupuk yang juga bisa Anda jumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kerupuk yang terbuat dari bahan dasar kulit sapi, ikan, atau kerbau tersebut memang terkenal sekali akan rasanya yang gurih dan renyah yang pasti membikin siapa pun yang menikmatinya tak bisa berhenti ngemil. Kerupuk rambak ini umumnya dijual dalam kondisi matang dan mentah dengan varian harga yang berbeda – beda.
  • Opak kecimpring
    Sudah tahu dengan opak kecimpring ini belum? Opak kecimpring adalah istilah untuk menyebutkan keripik singkong asli Jawa Barat. Bentuknya yang berupa lembaran bundar dan tipis juga renyah cocok sekali dijadikan oleh – oleh kerupuk unik khas Jawa Barat untuk kerabat di rumah. Apabila dulu Anda hanya bisa menikmati opak kecimpring dengan satu rasa saja, tetapi kini Anda sudah bisa menikmati opak kecimpring dalam berbagai varian rasa manis, pedas, dan gurih.
  • Keripik oncom dan tempe
    Oleh – oleh kerupuk unik khas Jawa Barat berikutnya adalah keripik oncom dan tempe. Apabila dulunya oncom dan tempe hanya diolah dengan cara digoreng saja, kini supaya lebih awet dan bisa dibawa pulang sebagai buah tangan, oncom dan tempe sudah dikemas dalam bentuk keripik yang gurih dan renyah. Keripik oncom terbuat dari bahan dasar kacang tanah yang sudah difermentasi kemudian dikeringkan lalu dipotong sesuai selera sebelum akhirnya digoreng. Ada banyak sekali varian rasa dari kerupuk oncom dan tempe, diantaranya rasa original, pedas, dan keju.

Nah, itulah beberapa oleh – oleh kerupuk unik khas Jawa Barat yang kami informasikan untuk Anda. jadi, jangan lupa untuk berburu oleh – oleh kerupuk di atas ya saat Anda liburan ke Jawa Barat.

This page needs javascript enabled !