Amankah Ibu Hamil Berendam Air Panas? Ketahui Dampaknya Bagi Ibu dan Janin

Mandi air panas atau berendam air panas memang jadi aktifitas yang bisa menjadikan tubuh Anda lebih santai dan bisa perbaiki suasana hati, apalagi bagi ibu hamil yang memang suasana hatinya lebih cenderung berubah – ubah sebab perubahan hormon. Untuk seseorang yang sedang tidak hamil, berendam air panas ini dapat memberikan banyak sekali manfaat. Akan tetapi bagaimana dengan ibu hamil? Amankah ibu hamil berendam air panas? Air panas mungkin saja bisa membuat kondisi janin dalam kandungan bermasalah, atau malah kesehatan ibu hamil yang alami penurunan. Jadi, ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mandi atau berendam air panas.

Ketahui Dampak Berendam Air Panas Bagi Ibu dan Janin

  • Ibu akan alami hipetermia
    Ibu hamil yang berendam air panas pada suhu 38.9 derajat celcius sangat dilarang. Sebab saat berendam selama kurang lebihnya 15 menit ternyata suhu air tersebut bisa sangat mempengaruhi suhu tubuh ibu hamil. Peningkatan pada suhu tubuh bisa mengakibatkan tubuh ibu hamil tidak dapat mengeluarkan panas dan keringat, hal ini yang nantinya akan memicu hipetermia pada ibu hamil.
  • Ibu alami penurunan tekanan darah
    Ketika terjadi hipetermia, maka akan sangat mempengaruhi terjadinya penurunan tekanan darah yang nanti akan memicu pada kondisi tubuh ibu hamil yang menurun. Tekanan darah rendah ini bisa jadi penyebab ibu hamil merasa pusing, cepat lelah, dan resiko bahaya morning sickness yang lebih sering. Tak hanya mempengaruhi kondisi tubuh ibu hamil saja, ternyata hal ini juga bisa mempengaruhi proses tumbuh kembang janin dalam kandungan, bahkan bisa saja janin alami kelahiran cacat atau kematian dalam kandungan.
  • Emosi jadi tidak stabil
    Pada dasarnya ibu hamil ini sering sekali alami emosi yang naik turun, mereka seperti sedang alami siksaan batin dan juga fisik. Apalagi bila dipengaruhi oleh tekanan darah yang menurun sebab berendam air panas, maka akan semakin pengaruhi ketidakstabilan emosi. Sehingga ibu hamil bisa saja mendadak marah atau pun bahagia. Ada banyak sekali bahaya yang bisa terjadi pada ibu hamil, termasuk juga bagi janin yang dikandung.
  • Kelahiran cacat
    Pada saat berendam air panas ternyata benar – benar dapat mempengaruhi pada kondisi tubuh ibu hamil, seperti kekurangan oksigen sehingga yang demikian ini akan menpengaruhi pada kondisi janin yang dikandung. Janin bisa saja alami hambatan saat tumbuh kembang, sehingga lahir dalam keadaan cacat. Bahkan bayi juga bisa alami berat badan rendah saat lahir.
  • Resiko kematian janin
    Pada saat kehamilan, janin dalam kandungan memang sedang dalam proses perkembangan organ vital di dalam tubuhnya. Contohnya saja perkembangan jantung dan otak. Ketika ibu hamil berendam air panas maka sangat dikhawatirkan sekali jika kondisi kehamilannya jadi tidak stabil, akibatnya resiko bayi lahir prematur dan lahir cacat bahkan kematian janin dalam kandungan opun dinilai cukup tinggi. Yang demikian ini dipicu karena suhu air, belerang, dan bakteri.

    Nah, itulah beberapa informasi yang bisa kami bagikan seputar amankah ibu hamil berendam air panas. Semoga bisa bermanfaat.

This page needs javascript enabled !