Gurun Pasir Pulau Bintan, Nggak Kalah Indahnya dengan Gurun Pasir Mesir

Jika berbicara mengenai keindahan alam Indonesia sepertinya tak akan pernah ada habisnya, sebab memang negeri kita tercinta ini memiliki bentang alam yang sangat beragam. Tidak hanya pantainya yang indah, hutan, serta pegunungan yang memukau, Indonesia ternyata juga mempunyai gurun pasir. Salah satu gurun pasir yang belakangan ini lagi hits di sosial media adalah gurun pasir Pulau Bintan yang diberi nama sebagai gurun pasir busung. Inilah sebuah gurun pasir terindah yang tak kalah indahnya dengan gurun pasir di Mesir.

Gurun Pasir Pulau Bintan, Nggak Kalah Indahnya dengan Gurun Pasir Mesir

Pada saat pertama kalinya mendengar nama Pulau Bintan, pastinya ada banyak orang yang langsung mengidentikannya sebagai pulau wisata yang mempunyai pantai – pantai cantik dan banyaknya resort mewah penuh dengan turis – turis asing. Seperti halnya di Pulau Batam, Pulau Bintan ini memang jadi salah satu tempat liburan yang paling difavoritkan oleh turis dari negara tetangga, terutama orang Singapura. Pulau Bintan mempunyai pantai indah yang bisa disandingkan dengan pantai – pantai di Lombok. Jadi tidak diherankan jika ada banyak resort eksklusif berstandar internasional.

Tetapi demikian, di Pulau Bintan ini ternyata masih ada pesona lainnya yang mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang, salah satunya adalah gurun pasir Pulau Bintang atau gurun pasir busung. Dulunya ini adalah lokasi penambangan bauksit yang diekspor ke luar negeri. Tetapi sekarang aktifitas penambangan tersebut berhenti dan lokasinya dibiarkan begitu saja. Namun karena lokasinya yang mudah dilihat dari tepian jalan, tidak sedikit pejalan kaki yang tertarik untuk menyaksikan keindahan gurun pasir Pulau Bintan ini dari dekat.

Lokasi bekas penambangan tersebut memang menarik perhatian sebab bekas aktifitas penambangan membentuk gundukan – gundukan pasir yang terlihat cantik dan eksotis. Gundukan – gundukan pasir inilah menawarkan pemandangan layaknya gurun pasir khas Timur Tengah. Seiring dengan berjalannya waktu, gurun pasir Pulau Bintan ini pun mulai terkenal. Kepopuleran tempat wisata yang dulunya dianggap biasa – biasa saja tersebut tidak lepas dari peranan sosial media. Anda pastinya bisa melihat foto – foto yang diunggah ke Instagram, gurun pasir Pulau Bintan ini memang sangat instagenik.

Gunung pasir Pulau Bintang ada di sebuah desa yang bernama Busung, tepatnya di jalan Raya Busung, Seri Kuala Lobam, Bintan. Gundukan yang ada didominasi oleh kerikil – kerikil yang sedikit kasar. Ini yang menjadikan gundukan pasir tidak hancur pada saat dipijak. Uniknya lagi, warna dari pasir yang ada adalah berwarna coklat keputih – putihan dan keungu – unguan. Pada saat langit sedang cerah, warna pasirnya akan terlihat merona. Selain itu, adanya danau yang berwarna hijau di dekat gurun pasir Pulau Bintan juga semakin menambah ekostis tempat wisata di Bintan ini. Area sekelilingnya bahkan masih banyak ditumbuhi oleh pepohonan dan rerumputan hijau.

Nah, itulah sekilas informasi seputar gurun pasir Pulau Bintan, nggak kalah indahnya dengan gurun pasir Mesir. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !