Kapasitas Baterai Smartphone Bukan Satu Satunya Faktor Baterai Awet

Apakah kamu merupakan salah seorang yang mengandalkan smartphone dalam kehidupan sehari hari seperti pada pekerjaan atau kegiatan komunikasi lainnya? Jika iya, pastinya daya tahan baterai menjadi salah satu faktor yng sangat kamu perhatikan dalam membeli sebuah smartphone. Namun apakah kapasitas baterai smartphone merupakan faktor yang paling penting untuk daya tahan baterai? Jawabnnya tidak. berikut beberapa faktor lainnya.

Kapasitas baterai smartphone yang besar memang dapat membuat smartphone memiliki daya tahan lebih lama dalam penggunaannya. Namun ternyata hal tersebut juga harus didukung beberapa faktor lain seperti contohnya adalah kestabilan sistem. Tanpa sistem yang mumpuni, smartphone bisa berubah menjadi boros meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar. Hal ini biasanya berhubungan dengan multitasking dimana semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka akan semakin membuat baterai lebih boros. Namun jika sistem dapat mengoptimalkan maka penggunaan baterai pun dapat ditekan.

Yang kedua yang menjadi faktor daya tahan smartphone selain dari kapasitas baterai smartphone adalah perangkat keras lainnya. Perangkat keras lainnya seperti layar LCD juga dapat mempengaruhi konsumsi baterai. Seperti tentunya konsumsi baterai smartphone berlayar 6.5 inch tentunya lebih besar daripada smartphone berlayar 4,7 inch. Alhasil umumpnya smartphone yang berjuluk phablet memiliki kapasitas baterai lebih besar. Selanjutnya adalah jenis layarnya seperi jenis layar AMOLED yang lebih sedikit mengkonsumsi daya.

This page needs javascript enabled !