Tamansari, Indahnya Warisan Budaya Pangeran Mangkubumi

Bila anda sedang berwisata ke Yogyakarta dan mencari sesuatu yang mewah dan klasik, mungkin Tamansari dapat anda jadikan sebagai tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Tempat ini pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat di mana putri Keraton melakukan rutinitas mandi sehari-hari mereka.

Karena dibangun untuk putri Keraton, maka tak heran bila arsitekturnya terlihat sangat cantik dan berkelas. Tamansari dibangun oleh Pangeran Mangkubumi atau Sultan Hamengku Buwono I untuk menghormati kebaikan istri-istrinya di waktu perang . Tempat ini sendiri terletak hanya sejauh 500 meter di selatan Keraton . Tamansari dikelilingi oleh danau buatan yang disebut Segaran dan di masa lalu danau tersebut beraroma bunga alami.

Ketika anda mencapai gerbang Tamansari, maka anda akan melihat sebuah panggung dimana pertunjukkan tarian untuk Sultan diadakan. Dekat dari tempat itu, anda akan melihat area dimana rutinitas mandi berlangsung. Di masa lalu, tempat ini merupakan tempat yang benar-benar tertutup untuk orang lain selain Sultan dan keluarganya.
Di area ini, anda akan melihat kolam renang dengan dinding berwarna krem. Area itu sendiri terbagi menjadi tiga kolam renang yaitu, Umbul Kawitan(kolam mandi untuk anak-anak Sultan), Umbul Pamuncar (kolam mandi untuk selir Sultan), dan Umbul Panguras (kolam mandi untuk Sultan.

Selain kolam mandi, Tamansari juga memiliki sebuah menara tiga lantai, di mana Sultan menyimpan harta berharganya. Di sana, anda bisa melihat sebuah periuk indah yang digunakan untuk cermin bagi para istri Sultan. Untuk menggunakannya, periuk itu harus diisi dengan air jernih dan putri harus menunggu sampai air tidak lagi berdesir agar dapat melihat refleksi wajah mereka.

Untuk mencapai lantai dua, ada tangga dari kayu jati yang menambah kemewahan tempat ini. Di atas menara, anda dapat melihat seluruh istana dan membayangkan bahwa Sultan menggunakan tempat ini untuk mengamati para putri yang sedang mandi. Tidak jauh dari menara, anda dapat melihat tempat yang digunakan Sultan untuk bermeditasi dan merencanakan strategi perang.

Selain itu, ketika mengunjungi Tamansari, anda juga harus melihat Gedung Kenongo. Gedung ini merupakan tempat Sultan dan keluarganya menikmati makanan mereka. Gedung Kenongo juga merupakan tempat tertinggi di area ini, sehingga anda pun dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari sini.

This page needs javascript enabled !