Okonomiyaki, Jajanan Khas Jepang yang Mirip Pizza

Jepang memang terkenal akan kulinernya yang mendunia dan cita rasanya juga cukup digemari masyarakat termasuk masyarakat tanah air. Seperti yang kita ketahui, restoran-restoran yang menawarkan kuliner khas Jepang semakin menjamur saja di tanah air, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Kebanyakan restoran-restoran Jepang itu menawarkan kuliner khas Jepang yang dikenal masyarakat awam seperti sushi, sashimi, udon, ramen, tempura dan sebagainya. Namun selain jajaran kuliner khas itu, masih banyak lagi jenis makanan khas Jepang yang dapat ditemukan di Indonesia, termasuk jajanannya, contohnya seperti takoyaki dan okonomiyaki.

Sebenarnya okonomiyaki yang akan kita bahas kali ini merupakan panganan yang sangat terkenal di negara asalnya, namun mungkin diantara anda ada yang masih belum tahu mengenai kudapan khas negara matahari terbit ini. Bila anda termasuk salah satu orang yang kurang familiar dengan jajanan khas Jepang yang berjuluk okonomiyaki ini maka simak ulasan singkatnya berikut ini :

Okonomiyaki merupakan jajanan khas Jepang yang tidak hanya lezat di lidah namun sehat dan bergizi karena selain menggunakan tepung sebagai bahan utama untuk membuat adonan, okonomiyaki juga dilengkapi dengan kol dan topping daging atau seafood seperti gurita.

Dalam bahasa Jepang, nama Okonomiyaki berarti makanan yang dipanggang. Bila dilihat sekilas tampilan dari jajanan ini menyerupai martabak telur namun ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa okonomiyaki lebih mirip seperti pizza, sebab aneka ragam topping yang ditata diatas adonan okonomiyaki menyerupai cara penyajian pizza. Apapun itu, namun jajanan yang memiliki cita rasa gurih ini tetap saja merupakan makanan asli Jepang, sehingga tak mengherankan bila topping yang ditata diatas okonimiyaki kebanyakan menggunakan seafood khususnya gurita.

Di negara asalnya, Okonomiyaki sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu, Okonomiyaki Kansai dan Okonomiyaki Hiroshima. Kedua jenis Okonomiyaki tersebut memiliki perbedaan yang terletak pada cara mencampurkan isi atau topping dan sausnya. Pada Okonomiyaki Kansai, isi dan adonan okonomiyaki langsung dicampur menjadi satu kemudian baru dipanggang dan sausnya khusus dari Kansai serta ditambah dengan mayones, sedangkan pada Okonomiyaki Hiroshima, adonan okonomiyaki dipanggang terlebih dahulu, baru setelah itu bagian isi diletakkan di atas adonan yang sudah dipanggang tersebut, dan saus yang digunakan adalah saus khas Hiroshima.

This page needs javascript enabled !