4 Penyebab Umum Kerontokan Rambut

Ada cukup banyak faktor yang berkontribusi terhadap kerontokan rambut. Kondisi dan gaya hidup sibuk membuat kebanyakan orang tak punya banyak waktu untuk untuk merawat rambut mereka. Mungkin hal yang wajar dan ideal bila manusia akan kehilangan rambut karena umur mereka yang semakin lanjut. Tapi, jika anda sudah mulai mengalami kerontokan rambut ketika usia anda masih cukup muda, maka memang ada sesuatu yang salah dan sebaiknya anda harus mencoba untuk membuat perubahan yang diperlukan dalam gaya hidup anda dan juga dalam kebiasaan makanan anda untuk memperbaiki masalah rambut rontok tersebut.

Penting bagi Anda untuk membuat perubahan cepat dalam gaya hidup anda sehingga anda tidak akan botak ketika anda baru menginjak usia tiga puluhan. Dari sekian banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut, berikut ini beberapa penyebab yang sering terjadi pada manusia yang mengalami kerontokan rambut :

  1. Faktor keturunan
    Jenis kerontokan rambut yang disebabkan karena faktor keturunan, umumnya terjadi pada pria dan juga akan berakhir dalam kondisi permanen. Hal ini dapat terjadi langsung sejak dari masa pubertas. Jenis kerontokan rambut seperti ini kurang umum pada wanita, tetapi ada banyak wanita yang telah mengungkapkan bahwa mereka mengalami rambut rontok karena hormon.
  2. Faktor pengobatan penyakit lain yang berdampak pada kerontokan rambut
    Ada berbagai jenis obat yang mungkin akan menimbulkan efek samping, termasuk berdampak pada kerontokan rambut. Jenis obat-obatan yang anda gunakan dan dosis obat yang anda konsumsi akan menentukan keparahan kerontokan rambut tersebut. Ada cukup banyak obat yang mengakibatkan penipisan rambut dan kerontokan rambut. Beberapa obat umum yang mengakibatkan rambut rontok adalah:

    • Pil KB
    • Obat jerawat yang kaya Vitamin A
    • Antibiotik dan antidepresan
    • Obat kanker
    • Obat tiroiD
    • Obat hormon
    • Obat tekanan darah tinggi
  3. Menderita penyakit yang mengakibatkan kerontokan rambut
    Alopecia areata adalah jenis penyakit yang mungkin menimpa pada anda yang merupakan penyakit yang secara langsung akan mempengaruhi rambut anda. Selain itu jika anda menderita masalah tiroid, maka anda juga mungkin akan mengalami kerontokan rambut. Hal tersebut disebabkan karena kelenjar tiroid adalah salah satu yang mengatur kadar hormon dalam tubuh, ada kemungkinan bahwa tubuh anda akan menderita ketidakseimbangan hormon saat anda menderita masalah tiroid. Hal ini yang akan mengakibatkan rambut rontok.
  4. Stress
    Stres dan ketegangan tidak hanya mempengaruhi tubuh anda, tetapi juga mempengaruhi kepala, dan jika anda tidak makan dengan benar karena stres dan ketegangan, maka anda harus menyiapkan diri melihat banyaknya rambut anda yang rontok.
This page needs javascript enabled !