Kepulauan Banyak, Surga Tersembunyi bagi Para Peselancar

Kepulauan Banyak merupakan sekelompok pulau-pulau kecil yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil. Luas total sekitar 27,2 hektar. Kepulauan ini menghadap langsung ke Samudera Hindia, tepatnya di tepi barat Pulau Sumatera. Ada sekitar 99 pulau-pulau kecil yang telah berkembang menjadi tujuan wisata, termasuk keberadaan penyu dan kehidupan biota laut lainnya. Kepulauan Banyak juga memiliki garis pantai yang panjang dan lebar. Pasir putih, hembusan angin dan deretan pohon kelapa yang menjulang memberikan panorama yang berbeda saat anda mengunjungi pulau ini. Itulah mengapa pulau tropis ini menjadi daya tarik utama bagi daerah ini.

Berselancar, adalah salah satu aktivitas yang dapat anda lakukan ketika mengunjungi Kepulauan Banyak ini. Ada 12 lokasi surfing di sekitar Pulau Bangkaru, di tepi Silingar dan di selatan Pulau Tuangku yang cocok untuk dijadikan tempat menantang ombak. Tempat berselancar paling menarik bagi peselancar berada di Amandangan dan Pelanggaran Pantai di Pulau Bangkaru. Selain berselancar, snorkeling merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan. Keindahan biota laut dapat dilihat dengan mudah di perairan kepulauan ini. Pertama, anda bisa snorkeling di perairan dangkal dengan menyewa perahu tradisional yang memiliki kaca di bagian bawah perahunya. Kedua, anda bisa memakai peralatan snorkeling dan menuju ke tempat snorkeling di Kepulauan Banyak.

Kegiatan berikutnya yang dapat anda lakukan adalah menjelajahi pulau. Anda dapat trekking ke hamparan hutan tropis. Perjalanan dimulai dari Kampong Haloban. Di sana, anda bisa melihat tupai, kupu-kupu berwarna-warni, babi hutan, dan sebagainya. Jangan lewatkan pula untuk mengunjungi Gua Sarang Burung Walet dan Gua Kelelawar. Tempat terakhir yang dapat anda kunjungi adalah tempat konservasi penyu.

This page needs javascript enabled !