Duta Besar RI untuk Pakistan Meninggal di Singapura

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Duta Besar Indonesia untuk Pakistan Burhan Muhammad di sebuah rumah sakit di Singapura Selasa pagi tadi. “Kementerian Luar Negeri Indonesia telah kehilangan salah satu diplomat yang terbaik saat ini” ungkapnya saat konferensi pers di kantor kementerian di Jakarta Pusat Duta Besar Burhan meninggal setelah delapan hari menjalani perawatan intensif di Singapura, menyusul kecelakaan helikopter di Pakistan yang menewaskan istrinya, Hery Listyawati Burhan, dan beberapa utusan asing lainnya. Pria berusia 58 tahun itu meninggal pada pukul 00:50 waktu setempat setelah menjalani perawatan intensif karena luka bakar parah di Singapore General Hospital.

“Atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan belasungkawa saya yang terdalam untuk kehilangan Duta Burhan, dan berharap bahwa keluarga tetap kuat saat ini” kata Retno. Duta Burhan meninggalkan dua putra, yang selalu menemaninya selama menjalani perawatan di Singapura sejak 12 Mei yang lalu. Di Singapura, mantan pejabat Badan Intelijen Negara (BIN) menjalani perawatan untuk luka bakar hingga 70 persen pada tubuhnya. Sedangkan istrinya, Hery, yang meninggal dalam kecelakaan, telah dimakamkan di Yogyakarta, Jumat yang lalu.

Jenazah Burhan diperkirakan akan tiba di Jakarta pada Selasa malam dan akan diletakkan sementara di kompleks kantor Kementerian Luar Negeri, sebelum nantinya jenazahnya akan diserahkan kepada keluarga di Yogyakarta, untuk dimakamkan. Burhan lahir pada 3 Agustus 1957, di Yogyakarta, menyelesaikan gelar hubungan internasional di Universitas Gadjahmada pada tahun 1983. Selanjutnya, ia belajar hubungan internasional di Universitas Pittsburgh, Amerika Serikat, dan lulus dengan gelar Master pada tahun 1993. Burhan memulai karirnya di badan intelijen dan kemudian menjadi wakil BIN untuk urusan luar negeri dan analisis hingga tahun 2012. Burhan Muhammad dilantik sebagai Duta Besar Indonesia untuk Pakistan pada 12 November 2012

This page needs javascript enabled !