Berikut Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Benjolan di Gusi

Anda pernah mengalami sakit pada gusi maupun benjolan di gusi. Hal ini tentu mengganggu anda untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Karena benjolan di gusi membuat tidak nafsu makan dan untuk berbicara juga bisa merasakan sakit. Untuk itu kami akan mengulas seputar benjolan di gusi.

benjolan di gusi

Penyebab benjolan di gusi dan sakit ditandai dengan bagian gusi yang mengalami pembesaran dan menonjol dibagian atasnya. Kondisi ini merupakan tanda awal terjadinya bengkak pada gusi. benjolan di gusi biasanya ditandai dengan gusi meradang yang berwarna kemerahan, menggelembung, bahkan pada sebagian kasus benjolan di gusi bisa menutupi sebagian besar giginya. Berikut beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya benjolan di gusi:

  1. Menumpuknya plak gigi.
    Plak gigi mengandung bakteri yang banyak dan sebagian di antaranya bisa mengganggu kesehatan gusi. Plak gigi merupakan lapisan lunak yang tidak terlihat dan melekat erat pada permukaan gigi yang dibentuk oleh bakteri pada mulut. Plak dapat menyebabkan gigi anda berwarna kuning. Sedangkan karang gigi adalah plak yang terkalsifikasi atau menjadi keras. kondisi ini jika tida dibersihkan akan mengakibatkan peradangan pada gusi dan menyebabkan benjolan di gusi.
  2. Kehamilan karena terjadi perubahan hormon.
    Penyebab benjolan di gusi saat hamil bisa terjadi karena disebabkan oleh hormon. Perubahan kadar hormon karena kehamilan menjadi penyebab utama dan kondisi ini biasanya hanya bersifat sementara saja.
  3. Kurang gizi atau skorbut,
    Skorbut merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan vitamin C. Karena vitamin C berfungsi untuk menguatkan jaringan yang ada pada gusi, sehingga C bisa menyebabkan benjolan di gusi.
  4. Infeksi virus atau jamur.
    Infeksi virus atau jamur bisa disebabkan oleh kebersihan gigi yang tidak terjaga dan adanya luka pada gusi. Sehingga menyebabkan benjolan di gusi.
  5. Pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yang tidak tepat.
    Pemasangan gigi yang dilakukan oleh orang yang bukan dokter gigi bisa mengakibatkan luka pada gusi. Dan alat yang digunakan juga kurang bisa terjamin tingkat sterilnya, sehingga menimbulkan bakteri yang akan membuat benjolan di gusi.
  6. Sensitivitas gusi
    Hal ini biasanya akibat penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur secara berlebihan.

Bagaimana Cara Mengatasi Benjolan di Gusi

  1. Kompreslah gusi anda dengan es batu untuk mengurangi bengkak.
  2. Melakukan scalling untuk membersihkan plak pada gigi. Pembersihan karang gigi (scaling) dan perawatan saluran akar gigi (root planing) dengan menggunakan laser atau gelombang suara.
  3. Berkumur dengan air garam untuk mengurangi gusi bengka.
  4. Gantilah pasta gigi bisa dilakukan untuk mengatasi benjolan di gusi yang biasa disebabkan oleh gigi sensitif terhadap pasta gigi tertentu. Apabila benjolan di gusi disebabkan oleh produk obat kumur, maka stop penggunaannya. Dan jika pembengkakan gusi sudah parah, pasien dibutuhkan untuk penanganan lebih lanjut dengan pemberian obat pereda nyeri, antibiotik hingga obat kumur untuk mengurangi efek dari benjolan di gusi.
  5. Penambalan atau penggantian gigi yang berlubang atau telah rusak, jika kondisi tersebut terkait dengan gingivitis.
  6. Yang terakhir, untuk membantu proses pemulihan sekaligus mencegah gingivitis terjadi kembali, lakukanlah beberapa langkah sederhana seperti sikat gigi setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Akan lebih baik bila menyikat gigi juga dilakukan tiap selesai makan. Serta gunakanlah sikat gigi yang lembut dan ganti setiap tiga atau empat bulan sekali.

Itulah informasi yang dapat kami bagikan seputar benjolan di gusi. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam penyembuhan benjolan di gusi.

Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !