Telapak Tangan Berkeringat? Kemungkinan ini Penyebabnya

Telapak Tangan Berkeringat
Apakah Anda sering mengalami telapak tangan berkeringat? Kondisi ini dapat menjadi indikasi kesehatan tubuh, terutama jika keringat terus menerus terjadi. Dalam beberapa kasus, keringat berlebih sering ditemukan di telapak tangan. Sebelum menjelaskan penyebab telapak tangan berkeringat, perlu dicatat bahwa keringat berlebih dikenal sebagai hiperhidrosis di dunia medis. Orang yang menderita hiperhidrosis dapat berkeringat banyak sehingga bisa sampai membasahi pakaian mereka dan membuat telapak tangan mereka juga berkeringat. Selain telapak tangan sering berkeringat, lengan, kaki, dan paha adalah bagian lain dari tubuh yang bisa terkena. Namun, keringat berlebih sering terjadi ketika seseorang cemas atau demam.

Hyperhidrosis tersebut diatas dapat dipicu oleh lingkungan hingga atmosfer yang panas, tetapi kebanyakan orang dengan hiperhidrosis berkeringat hampir sepanjang waktu, terlepas dari suasana hati atau cuaca. Secara umum, hiperhidrosis adalah kelainan yang terjadi tanpa penyebab yang jelas. Selain hiperhidrosis, keringat berlebih juga dapat muncul menandakan masalah tiroid, hipoglikemia, gangguan sistem saraf atau masalah medis lainnya. Dalam kebanyakan kasus, hiperhidrosis sering terjadi pada orang sehat.

Bentuk hiperhidrosis

Berikut adalah dua bentuk hiperhidrosis yang paling umum, termasuk:

  1. Hiperhidrosis primer
    Kondisi ini membuat sistem saraf bertanggung jawab untuk menandai kelenjar keringat menjadi hiperaktif, meskipun belum diaktifkan oleh aktivitas fisik atau peningkatan suhu. Ini bisa menjadi lebih serius dalam hal stres dan kecemasan. Hyperhidrosis tipe ini biasanya menyebabkan kaki dan telapak tangan berkeringat. Sejauh ini penyebab hiperhidrosis primer belum diketahui secara pasti. Kemungkinan besar kondisinya dipengaruhi oleh faktor keturunan.
  2. Hyperhydrosis sekunder
    Hiperhidrosis sekunder terjadi pada saat keringat berlebih yang disebabkan oleh kondisi medis. Bukan hanya telapak tangan yang berkeringat, jenis hiperhidrosis ini cenderung menyebabkan keringat di seluruh tubuh.

Telapak tangan berkeringat adalah tanda penyakit jantung?
Banyak orang yang selalu menghubungkan telapak tangan berkeringat  itu berkaitan dengan adanya penyakit jantung. Benarkah? Pada dasarnya pola keringat bisa berubah tergantung pada penyebabnya, ada keringat yang disebabkan oleh makanan atau keringat yang hanya muncul pada satu anggota tubuh. Karena itu, jika telapak tangan berkeringat dikaitkan dengan penyakit jantung, ini tidak tepat. Berkeringat merupakan reaksi terhadap salah satu rangsangan tetapi tidak spesifik untuk penyakit jantung saja.

Namun, salah satu gejala utama yang menyebabkan seseorang datang ke rumah sakit adalah berkeringat. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, berkeringat bisa menjadi gejala utama dalam mendorong korban ke serangan jantung untuk mencari pengobatan lebih lanjut. Perlu juga dicatat bahwa gejala serangan jantung tidak hanya nyeri dada, tetapi ada gejala lain juga.

Cara mengatasi telapak tangan berkeringat
Jika kondisi medis berkontribusi pada keringat pada telapak tangan atau bagian lain dari tubuh, perlu untuk mengobatinya terlebih dahulu. Jika tidak ada alasan yang jelas, perawatan harus difokuskan pada mengendalikan keringat. Beberapa upaya dapat dilakukan untuk mengatasi telapak tangan berkeringat atau keringat tubuh yang berlebihan, termasuk:

  1. Antiperspiran topikal
    Antiperspiran topikal dengan aluminium klorida dapat digunakan untuk menyumbat kelenjar keringat sehingga mereka bisa efektif dalam mengurangi keringat berlebih. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda telah membaca instruksi penggunaannya.
  2. Krim dengan resep
    Krim resep yang mengandung glikopirrolat dapat membantu dengan hiperhidrosis yang memengaruhi wajah dan kepala.
  3. Obat pemnghambat saraf
    Beberapa obat oral memblokir bahan kimia yang memungkinkan saraf tertentu untuk berkomunikasi satu sama lain. Kondisi ini dapat mengurangi keringat pada sebagian orang. Kemungkinan efek samping termasuk mulut kering, penglihatan kabur dan masalah kandung kemih.
  4. Antidepresan
    Beberapa obat medis yang digunakan untuk depresi dapat mengurangi keringat berlebih. Antidepresan juga bisa membantu Anda mengurangi kecemasan yang akan memperburuk hiperhidrosis.
  5. Suntikan toksin botulinum
    Pengobatan toksin botulinum (Botox, Myobloc, dll) Dapat memblokir saraf yang menyebabkan keringat sementara. Sebelum disuntik, kulit dibius terlebih dahulu.

Penanganan Pertama Saat Mengalami Telapak Tangan Berkeringat

Berikut ini adalah penanganan pertama jika telapak tangan anda mengalamaikeringat berlebih:

  1. Anda bisa mencuci tangan anda secara teratur, cucilah tangan anda secukupnya, pakailah sabun secukupnya dan jangan terlalu sering karena dapat mengakibatkan tangan Anda kering.
  2. Selalu siapkan pengering tangan bisa menggunakan tisu atau sejenisnya.
  3. Menggunakan bedak bayi juga bisa menjadi solusi terbaik karena bedak bayi bisa mengurangi keringat berlebih meskipun di telapak tangan.
  4. Hindari penggunaan sarung tangan karena hal ini bisa menjadi hal yamg menyebabkan tangan anda berkeringat.
  5. Terjadinya stres berlebihan bisa mengakibatkan kerinta berlebih, jadi hindari stres menjadi solusi terbaiknya.
Artikel Terbaru
Back to Top
This page needs javascript enabled !