6 Tips Untuk Mengurangi Rambut Rontok

Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok bisa menjadi suatu masalah besar yang bisa menyebabkan kekhawatiran dan mempengaruhi kepercayaan diri, terutama untuk wanita. Sebenarnya ini adalah hal yang alami, namun tetap saja kamu akan panik ketika melihat 150 helai rambutmu rontok dengan sendirinya. Kabar baiknya, penanganan yang baik bisa mengurangi jumlah tersebut dengan signifikan. Berikut adalah tips – tips yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi rambut rontok.

  1. Gunakan shampo yang tepat
    Sangat penting untuk memilih shampo yang benar. Selain itu, kamu juga perlu mencuci rambutmu mengikuti jenis kulit kepalamu. Jika kamu mencuci rambut dengan jenis kulit kepala kering, jangan kaget ketika kamu melihat ratusan helai rambut di dekat saluran pembuangan. Pastikan juga di shampo milikmu tidak ada bahan kimia seperti sulfat, paraben dan silikon yang mampu membuat rambut rapuh dan rentan kerusakan.
  2. Perlakukan rambut basah selembut mungkin
    Rambut berada pada keadaan lemah saat sedang basah. Rambut yang basah sangat rentan patah. Oleh karena itu, pastikan untuk berhati – hati saat rambut basah. Rambut bisa dikeringkan dengan menepuk perlahan akar rambut dan meremas rambut secara perlahan. Hindari menggosok rambut terlalu kuat. Selain, itu disarankan untuk tidak menyisir rambut basah karena memiliki resiko melukai dan mematahkan rambut. Jika terpaksa harus menyisir, gunakan sisir bergerigi besar untuk menghindari rambut tersangkut pada sisir. Gunakan jarimu dan bukan sisir untuk memisahkan rambut yang kusut.
  3. Mengganti gaya rambut
    Gaya rambut dapat memberikan perbedaan yang cukup besar. Dengan mengganti gaya rambut, kamu bisa mengendurkan otot rambut. Disarankan untuk berkonsultasi dengan penata rambut agar mendapatkan gaya yang sesuai untuk dirimu dan otot rambutmu.
  4. Badan sehat menghasilkan rambut yang sehat
    Rambut sama seperti makhluk hidup. Untuk mengurangi rambut rontok, rambut membutuhkan nutrisi agar bisa tetap sehat. Protein dan zat besi sangat membantu untuk mencegah kerontokan rambut. Kedua zat tersebut banyak ditemukan pada daging, ikan, kedelai dan sumber protein lainnya. Vitamin A, E dan B juga cukup membantu dalam proses pencegahan kerontokan rambut. Vitamin A mampu mendorong produksi sebum yang sehat pada kulit kepala. Vitamin E bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala untuk membantu folikel rambut tetap produktif. Vitamin B membantu mempertahankan warna sehat rambut. Namun, dengan nutrisi yang terpenuhi, kamu juga harus tetap berolahraga untuk memaksimalkan hasil. Yoga dan meditasi cocok ditekuni untuk mengatasi masalah rambut rontok.
  5. Jangan berlebihan dalam menggunakan zat kimia
    Menjalani perawatan rambut yang ketat seperti meluruskan, mengeriting dan mewarnai rambut dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Perawatan rambut seperti itu seperti dalam kasus penggunaan bahan kimia yang tidak ramah untuk rambut. Bahan kimia inilah yang bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Bahan kimia yang digunakan akan masuk ke dalam tubuh, lalu bercampur dengan aliran darah dan berbahaya bagi kesehatan.
  6. Jaga rambutmu agar bebas dari keringat
    Hal ini biasanya terjadi jika cuaca sedang panas. Rambut menjadi panas, kemudian pori – pori di rambut akan merespon dengan mengeluarkan keringat. Keringat pada rambut dapat menyebabkan ketombe dan meningkatkan resiko rambut rontok. Penggunaan shampo yang mengandung aloe vera dapat menjaga kepala agar tetap dingin, mengurangi rambut rontok, dan mencegah ketombe.

Penggunaan helm saat cuaca panas juga bukanlah ide bagus. Keringat akan berkumpul pada pori – pori rambut, melemahkan akar rambu dan menyebabkan rambut menjadi rontok. Hal ini bisa dicegah dengan menggunakan bandana atau kain terry untuk melindungi rambutmu.

Itulah tips – tips untuk mengurangi rambut rontok. Semoga pembahasan artikel di atas bisa berguna untuk kamu yang sedang mengalami rambut rontok.

This page needs javascript enabled !