5 Cara Perawatan Rambut Setelah Smoothing Agar Lurus Sepanjang Tahun

Perawatan Rambut Setelah Smoothing

Wanita selalu mencoba untuk tampil cantik kemanapun dirinya pergi. Penampilan dari ujung kaki hingga ujung kepala sangat diperhatikan baik – baik. Merawat rambut juga merupakan salah satu hal yang tak boleh dilewatkan. Rambut lurus, tampaknya masih menjadi pilihan sebagian besar kaum hawa agar tampil maksimal.  Salah satunya dengan metode smoothing rambut beserta perawatan rambut setelah smoothing untuk mendapatkan hasil rambut lurus dan terlihat indah.

Smoothing rambut adalah teknik meluruskan rambut menggunakan suatu zat kimia untuk mengubah struktur rambut. Nantinya, setelah melakukan teknik ini, rambutmu akan menjadi tampak halus, rapi, dan mudah diatur. Jadi, kamu tidak perlu lagi repot – repot mencatok rambut ketika akan pergi keluar. Waktunya bisa kamu alihkan untuk melakukan metode kecantikan lainnya.

Sayangnya, perawatan ini bukan tanpa konsekuensi. Jika kamu tidak rajin merawat rambutmu dengan benar, dampaknya rambut akan cepat rusak, kering, dan tampak kusam. Karenanya perawatan untuk rambut smoothing wajib dilakukan agar rambut milikmu tetap sehat. Berikut adalah langkah – langkah perawatan rambut setelah smoothing yang bisa dilakukan agar rambut tetap awet dan sehat.

  1. Jangan cuci rambut dahulu selama 2 – 3 hari pasca smoothing

    Kamu perlu menunggu dua atau tiga hari (bahkan bisa sampai seminggu, tergantung jenis produk yang dipakai) untuk membiarkan zat kimia tadi meresap sempurna dan rambutmu bisa lurus lebih lama. Bayangkan jika kamu langsung keramas setelah melakukan smoothing. Bisa – bisa zat kimianya larut dalam air dan smoothing jadi sia – sia. Jika rambutmu mulai berminyak, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan shampoo kering.

  2. Jangan sering – sering mengikat dan menggulung rambut

    Jika kamu sering mengikat dan menggulung rambutmu menggunakan karet, maka setelah melakukan smoothing hentikanlah kegiatan tersebut. Mengikat dan menggulung rambut dengan karet dapat meninggalkan bekas dan membuat patahan pada rambut yang telah diluruskan. Rambut yang sering diikat dan digulung akan meninggalkan kesan bergelombang dan ikal. Tentunya ini bertolak belakang dengan tujuan smoothing yang mengejar rambut lurus dan lembut.

  3. Gunakan sisir kayu bergerigi besar untuk menyisir rambut

    Mengapa sisir kayu dan bukan sisir plastik? Bahan plastik yang digesekkan dengan rambut dapat menghasilkan listrik statis yang tentunya bisa merusak rambut. Penggunaan kayu pada bahan sisir adalah demi mengurangi resiko ini. Gerigi besar digunakan untuk mencegah rambut tersangkut di antara gerigi sisir yang mengakibatkan rambut patah. Selain itu, usahakan menyisir rambut dalam keadaan kering. Rambut yang basah lebih rapuh ketimbang rambut kering. Untuk mengeringkan rambut, cukup gunakan handuk dengan cara meremas rambut secara perlahan. Kemudian, biarkan rambut kering secara alami. Penggunaan hair dryer dapat menyebabkan kelembapan rambut berkurang drastis. Akibatnya, rambut akan menjadi kering dan rusak.

  4. Potong ujung rambut secara berkala

    Lakukan potong ujung rambut setiap enam hingga delapan minggu sekali. Tujuannya adalah untuk menghindari ujung rambut bercabang dan menjaga rambut smoothingmu. Ujung rambut cenderung lebih mudah mengalami rambut bercabang karena lebih kering dibandingkan bagian lainnya. Hal ini bisa terjadi karena adanya kulit kelapa yang tidak mampu melakukan pembagian minyak hingga ke ujung rambut. Rambut yang bercabang menjadi rapuh, kering dan mudah patah. Untuk itu, rajin – rajinlah memotong rambut secara berkala.

  5. Gunakan vitamin rambut

    Yang paling penting dalam proses perawatan rambut setelah smoothing, diperlukan vitamin rambut mampu memberikan nutrisi yang cukup. Sehingga kesehatan rambut tetap terjaga dan juga terlihat mengkilau. Vitamin rambut bisa digunakan sehabis keramas ataupun saat sedang tidak keramas.

Begitulah lima cara perawatan rambut setelah smoothing agar tampak indah dan berkilau lebih lama.

This page needs javascript enabled !