Mengetahui Bahaya Rayap Kayu dan Cara Membasminya

bahaya rayap kayu

Mungkin sekarang jumlahnya masih sangat sedikit, tapi jika dibiarkan begitu saja maka keberadaan rayap kayu di rumahmu pastinya akan sangat mengganggu. Bahaya rayap kayu yang paling umum terlihat adalah bisa membuat furniture, atau perabotan juga beberapa material rumah yang berbahan kayu jadi tidak tahan lama.

Jika sudah semakin parah maka Anda harus mengeluarkan cukup banyak uang untuk renovasi rumah. Karena Anda harus membeli furniture, perabotan, dan material berbahan kayu yang baru. Tidak mau hal ini terjadi pada rumahmu? Mari basmi rayap – rayap kayu yang ada di rumah dengan cara berikut.

Cara Membasmi Rayap Kayu yang Mudah

Setelah Anda mengetahui bahaya rayap kayu, kini saatnya untuk mencari cara ampuh membasmi rayap kayu yang ada di rumahmu. Namun demikian, pastikan Anda memilih cara alami membasmi rayap kayu agar lebih aman. Intip langkah – langkahnya di bawah ini.

Menggunakan Perangkap Kardus Bekas

Cara basmi rayap kayu yang pertama dalah dengan menggunakan kardus bekas yang dibuat sebagai perangkap untuk menangkap rayap – rayap pengganggu tersebut. Untuk membuat perangkap dari kardus bekas ini mudah sekali.

  • Pertama, silakan ambil selembar kardus bekasnya.
  • Tetesi kardus bekas tersebut dengan sedikit air agar jadi lembab.
  • Jika sudah cukup lembab, baru Anda bisa menggulung lembaran kardus tersebut menyerupai pipa.
  • Letakkan kardus lembab di area yang terdapat rayap kayu.
  • Kardus lembab diyakini mampu menyebarkan bau khas kayu yang bisa menarik rayap – rayap kayu untuk mendekat.
  • Jika rayap kayunya sudah terkumpul, angkat kardus lembabnya ke luar ruangan dan bakar.

Menjemur di Bawah Terik Matahari

Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi rayap kayu di rumah adalah dengan membawa semua perabotan, atau furniture tempat bersarangnya rayap kayu tersebut ke luar ruangan. Jamur di bawah terik matahari kurang lebih selama 2 – 3 hari sampai rayap – rayap kayu tersebut mati.

Menggunakan Minyak Neem dan Minyak Jeruk

Pada dasarnya banyak cara yang bisa dicoba untuk membasmi rayap – rayap kayu di rumah, salah satu yang kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan campuran minyak neem dan minyak jeruk. Ini adalah cara alami membasmi rayap kayu yang paling aman sebab memang bebas racun. Penggunaan minyak neem dan minyak jeruk pun bahkan diklaim jauh lebih aman untuk material berbahan kayu.

Minyak jeruk dipercaya memiliki kandungan D-Limonene yang cukup tinggi, tidak heran jika bahan alami satu ini ampuh menangkap rayap kayu pada saat bersentuhan langsung. Sementara itu untuk minyak neem sendiri memiliki kandungan pestisida alami. Jenis rayap kayu yang bersentuhan langsung dengan campuran minyak tersebut seketika akan berhenti menggerogoti kayu dan tidak akan bertelur lagi. Cara membasmi rayap kayu menggunakan minyak neem dan jeruk adalah sebagai berikut.

  • Campurkan minyak neem dan minyak jeruk secukupnya.
  • Teteskan campuran minyak terlebih pada kapas.
  • Usapkan kapas yang sudah diberi campuran minyak pada furniture, perabotan, atau material kayu yang menjadi sarang rayap – rayap kayu.
  • Untuk mendapatkan hasil yang efektif, Anda bisa mengulangi cara tersebut satu minggu sekali.

Menggunakan Air Jeruk Lemon dan cuka

Selain minyak neem dan minyak jeruk, campuran air jeruk lemon dan cuka juga cukup efektif untuk membasmi rayap kayu yang ada di rumahmu. Caranya mudah sekali, Anda bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Pertama, peras buah jeruk lemon untuk mendapatkan sari jeruk lemon.
  • Campur air jeruk lemon tersebut dengan ½ cangkir cuka.
  • Masukkan campuran air jeruk lemon dengan cuka ke dalam botol semprot.
  • Semprotkkan ke area yang diserap rayap kayu.
  • Ulangi cara ini sampai rayap kayu benar – benar hilang.
This page needs javascript enabled !