Gigi Berlubang dan Bagaimana Cara Menghindarinya

Gigi Berlubang dan Bagaimana Cara Menghindarinya

Salah satu permasalahan kesehatan yang dapat mengganggu aktifitas kita sehari-hari adalah sakit gigi yang bisa disebabkan oleh gigi berlubang. Meski ada lagu bahwa lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, namun akan lebih baik juga jika kita tidak merasakan sakit gigi sama sekali. Berikut ini ada beberapa penjelasan bagaimana cara menghindari gigi yang berlubang.

Penyebab Gigi Berlubang
Sebelum membahas mengenai bagaimana cara menghindari agar gigi kita tidak berlubang, ada baiknya jika kita mengetahui apa penyebab gigi yang berlubang tersebut. Kerusakan gigi yang bertahap harus segera dipbati yang mana jika tidak akan menjadi lubang gigi. Dampaknya tidak hanya pada kesehatan mulut namun juga akan berpengaruh pada penampilan kita tentunya.

Penyebab dari gigi berlubang tersebut adalah bakteri yang menumpuk di gigi menjadi substansi lengket yang disebut plak. Plak tersebut akan semakin lengket setiap ada konsumsi gula dan juga makanan bertepung. Alhasil lama kelamaan plak akan berubah mengeras menjadi karang gigi atau tartar. Tartar inilah yang kemudian mengeluarkan asam yang menghasilkan titik halus pada gigi.

Lubang-lubang halus berupa titik-titik tersebut apabila terus dibiarkan akan menjadi lubang pada gigi. Lubang tersebut dapt semakin dalam dan bisa menimbulkan rasa sakit yang kemudian bisa menyebabkan kehilangan gigi. Tentunya kita tidak ingin kehilangan satu dari gigi kita bukan?

Gigi Berlubang

Gejala Kerusakan Gigi
Meskipun titik-titik kecil yang menjadi gejala awal kerusakan gigi tidak dapat kita lihat secara kasar mata karena harus menggunakan X-Ray, namun ada gejala lain yang bisa menjadi peringatan kerusakan gigi kita. Tentu setelah kita mengetahui gejalanya, kita bisa melakukan tindakan prefentif atau pencegahan agar tidak semakin parah. Gejalanya adalah sebagai berikut:

  1. Bau nafas yang tidak sedap secara terus menerus
  2. Rasa tidak enak di mulut
  3. Gigi menjadi lebih sensitif
  4. Rasa sakit karena gigi sensitif, pada makanan panas, dingin atau bergula
  5. Terdapat noda putih pada gigi

Cara Mencegah Gigi Berlubang
Apabila sudah ditemukan gejala-gejala diatas, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pencegahan gigi berlubang. Ada beberapa cara yang sangta sederhana namun dapat memberikan pencegahan terbaik dari kerusakan gigi seperti berlubang yakni sebagai berikut:

  1. Mengurangi makanan atau minuman mengandung banyak gula dan makanan bertepung
  2. Pertimbangkan pemakaian dental sealant atau lapisan pelindung di permukaan gigi pengunyah di bagian belakang
  3. Gosok gigi setidaknya dua kali sehari dengan lama minimal dua menit
  4. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
  5. Manfaatkan floss setidaknya sehari sekali
  6. Gunakan cairan kumur khusus

Melakukan Perawatan Pada Gigi Berlubang
Namun apabila sudah terlanjur ditemukan gigi berlubang, maka harus ada treatment atau perawatan khusus. Perawatan khusus tersebut ditujukan agar kerusakan gigi tidak semakin bertambah parah atau bahkan menyebar ke gigi lainnya. Berikut cara perawatannya:

  1. Menggunakan pasta dengan kandungan fluoride, meski ini hanya akan bermanfaat apabila lubang gigi masih tergolong sangat kecil
  2. Menambal gigi yang telah rusak
  3. Memasang mahkota atau topi gigi untuk menghindari kerusakan lebih lanjut
  4. Melakukan perawatan lebih lanjut apabila ditemukan syaraf gigi meradang atau gejala lainnya yang semakin parah
  5. Konsultasikan dengan dokter gigi dalam jangka waktu yang ditentukan

Itulah beberapa hal seputar gigi berlubang yang diakibatkan oleh kerusakan gigi yang parah. Hanya saja hal yang terbaik tentu saja adalah mencegah daripada harus mengobati apalagi jika terpaksa harus sampai operasi. Untuk itulah, pahami bagaimana cara merawat gigi dan yang terpenting adalah bagaimana cara merawat gigi yang memang sudah terindikasi berlubang,

Konsultasi dengan dokter gigi pribadi ataupun umum juga bisa menjadi upaya yang tepat dari ahlinya. Karena tentu saja akan ada banyak penanganan yang bisa dilakukan. Mulai dari yang ringan hingga yang oaling berat sekalipun seperti harus menambal gigi atau bahkan hingga mencabut gigi.

Semoga artikel ini memberikan wawasan mengenai gigi berlubang, mulai dari apa penyebabnya, bagaimana memahami gejalanya hingga bagaimana merawatnya. Juga semoga perkembangan teknologi di bidang kesehatan dapat semakin memudahkan kita untuk merawat gigi seperti dengan cara memutihkan gigi atau merapikannya agar terlihat semakin baik untuk penampilan kita.

This page needs javascript enabled !