Waralaba Makanan Anda Mau Lebih Menguntungkan?

waralaba makanan

Untuk saat ini waralaba atau franchise tentunya sudah tidak asing lagi bukan? Ya, waralaba merupakan salah satu bisnis yang saat ini sedang marak-maraknya, bahkan bagi kalangan mudapun, bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang begitu menggiurkan. Sehingga banyak kalangan muda yang berani terjun dalam bisnis waralaba, khususnya waralaba makanan. Hal itu tentunya ada maksud dan tujuannya kenapa waralaba makanan menjadi pilihan popular dalam bisnis waralaba atau franchise. Sebelum lebih lanjut perlu kita ketahui bahwa waralaba atau franchise merupakan nilai dari sebuah ide atau bisnis yang dapat diambil oleh seseorang dalam menjalankan skema bisnisnya berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat ataupun telah disepakati.

Dengan menjalankan waralaba kita tidak perlu lagi dipusingkan dengan ide, karena kita tinggal memilih jenis bisnis apa yang akan kita jalankan dan tentunya dengan harapan keuntungan yang akan didapatkan. Untuk saat ini peminat waralaba makanan terbilang cukup banyak, karena jenis waralaba ini digadang-gadangkan dapat dilakukan dengan modal yang minim. Hal itu dikarenakan makanan merupakan kebutuhan primer dan perputaran uang dalam waralaba makanan terbilang lebih cepat dibandingkan dengan jenis waralaba lainnya. Lantas, adakah penjelasan lebih agar bagaimana usaha waralaba yang akan dijalankan bisa lebih menguntungkan? Langsung saja berikut kita simak penjelasannya!

Waralaba Makanan Anda Mau Lebih Menguntungkan

  1. Kenali produk dan seluk beluknya
    Memilih sesuatu tanpa harus kita ketahui atau kita kenal sebelumnya tentunya bisa saja dilakukan, akan tetapi hal itu sangat tidak disarankan bukan? Ketentuan itu berlaku juga dalam bisnis waralaba makanan. Lebih baik sebelum kita memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini, kenali terlebih dulu produk apa yang akan dijual nantinya. Ada baiknya Anda mengajukan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang kristis, seperti “produk apakah yang dijual nantinya?”, lalu “produk ini memiliki nilai lebih apa?” dan masih banyak lagi pertanyaan kristis yang bisa Anda ajukan terlebih dahulu. Dengan Anda mengenal lebih tentang seluk beluk produk, diharapkan Anda bisa menggunakan strategi yang lebih maksimal lagi. Bahkan ketika ada beberapa hal yang tidak diinginkan, tentunya bisa teratasi dengan persiapan yang lebih matang.
  2. Kenali target pasar
    Selain produk, profil pelanggan merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Dengan mengenal profil pelanggan yang lebih terperinci, mulai dari apa yang mereka sukai, dan kebiasaan belanja mereka, tentunya akan menjadi nilai lebih dalam mengenal target pasar.

    Lokasi yang strategis dan bisa lebih mengakomodasikan kegiatan dari pembeli juga perlu diperhatikan. Sebagai contohnya jika target pasarnya didominasi oleh anak-anak sekolah, maka tempatkan usaha Anda dekat dengan posisi mereka berkumpul bisa didekat sekolah atau bisa juga tempat les. Jika waktu yang lebih fleksibel menjadi perhatian Anda, maka bisa Anda tempatkan usaha itu didekat minimarket yang bisa dikunjungi berbagai waktu dan setiap hari tentunya.

  3. Buat banyangan pendanaan
    Franchisor akan memberikan pengenalan system, dan itu merupakan hal penting yang harus dikenal terlebih dahulu oleh pelaku bisnis waralaba. Dengan modal pengenalan system, diharapakan bisa membuat bayangan pendanaan yang lebih jelas, dimulai dari modal yang akan digunakan diawal dan laporan bulanan. Secara terperinci sistem keuangan dan bayangan pendanaan yang dimiliki oleh waralaba menjadi keharusan informasi yang perlu Anda ketahui.
  4. Buat plan dan lengkapi dengan system yang baik
    Membuat plan penjualan yang baik dan mengaplikasikan system juga dapat membantu memberikan keuntungan. Anda juga dituntut lebih kreatif karena ini merupakan usaha Anda, jadi jangan hanya bergantung pada sistem yang diberikan franchisor. Akan tetapi jangan sampai keluar dari jalur yang telah kalian sepakati sebelumnya.

Peluang untuk pengembangan bisnis bisa juga Anda diskusikan dengan franchisor, sehingga disini Anda dituntut lebih pro-aktif lagi. Jika memungkinkan bergabunglah menjadi komite, sehingga Anda bisa mengajukan berbagai ide-ide yang tentunya diharapkan bisa menambah keuntungan lebih. Bisa saja ide tersebut adalah melengkapi waralaba dengan system software kasir yang lebih memudahkan dalam melakukan transaksi dan bisa memantau merchant dari jauh. Selamat mencoba dan sukses buat waralaba Anda!

This page needs javascript enabled !