Bermain Sambil Belajar dengan Permainan Anak Tradisional

Pada jaman sekarang ini tentunya mengajak anak untuk bermain sambil belajar dengan permainan anak tradisional tidaklah mudah. Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, lambat laun permainan anak-anak pada jaman dahulu kian tergerus. Permainan modern begitu menggiurkan untuk anak-anak. Seperti halnya dengan kehadiran internet pada saat ini, anak-anak bisa bermain beragam game melalui gadget mereka. Game online bergenre real time strategi (RTS), first person shooter (FPS), role playing game (RPG), life simulation game, vehicle simulation, game aksi (Action), game petualangan (Adventure), dan game aksi petualangan begitu mudah untuk didapatkan. Bahkan game online tersebut bisa didapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Dan jumlah level yang cukup banyak membuat anak-anak merasa penasaran dan tidak merasa lelah dalam memainkan permainan tersebut.

Permainan Anak Tradisional

Padahal jika mengingat permainan-permainan tradisional dikala sebelum teknologi begitu pesat seperti sekarang ini tidaklah kalah asyik dan menarik. Selain asyik, permainan tradisional bisa meningkatkan rasa pertemanan dan sosialisasi pada anak-anak. Bahkan dalam permainan tersebut, anak-anak bisa banyak belajar hal-hal yang menunjang tumbuh kembangnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan bermain permainan tradisional:

Permainan Anak Tradisional

  1. Belajar mengatur strategi dan kerja sama dengan permainan bentengan
    Salah satu permainan yang bisa melatih strategi dan kerja sama anak adalah bentengan. Dengan permainan ini anak-anak haruslah bekerja sama satu sama lainnya dan tentunya dibutuhkan strategi untuk menyerang ataupun strategi bertahan jika ingin mengalahkan lawan.
  2. Melatih akurasi dan keseimbangan dengan permainan engklek
    Banyak sekali aktifitas-aktifitas fisik yang dilakukan jika memainkan permainan anak tradisional. Seperti halnya melakukan aktifitas melompat, melempar, mengangkat satu kaki atau berjinjit. Selain melatih keseimbangan dan akurasi, tentunya aktfitas-aktifitas tersebut begitu menyenangkan karena dibalut dalam nuasa permainan yang begitu mengasyikan. Permainan engklek merupakan permaian anak tradisional yang memadukan antara akurasi yaitu dengan cara melempar batu di kotak tertentu dan melatih keseimbangan dengan cara melompat dengan satu kaki ke lokasi batu yang dilempar sebelumnya.
  3. Melatih ketelitian dengan permainan petak umpet
    Dalam permainan petak umpet, anak-anak dituntut untuk lebih teliti. Karena tanpa adanya ketelitian, mereka akan sulit menemukan teman atau lawan bermain mereka yang sedang sembunyi. Tanpa disadari kemampuan survival ikut terlatih bagi anak-anak yang sedang bersembunyi dari teman mereka yang sedang dapat giliran jaga.
  4. Belajar berhitung dengan permainan congklak
    Dalam permainan tradisional anak juga dapat melatih kemampuan berhitung pada anak. Salah satu permainan tersebut adalah permainan congklak, yaitu permainan yang dilakukan oleh dua orang dengan menggunakan papan congklak dan 98 (14 x 7) buah biji dari buah congklak. Dalam permainan tersebut secara tidak langsung mengajarkan anak untuk belajar berhitung dengan media biji congklak.
  5. Belajar melatih koordinasi dan ketangkasan dengan permainan gobak sodor
    Permainan anak tradisional selanjutnya adalah gobak sodor, dengan permainan ini anak-anak terlatih dalam hal ketangkasan dan kemampuan mereka dalam melakukan koordinasi tim. Banyak aktifitas fisik yang dilakukan dalam permainan ini, seperti halnya berlari dan menghindar dengan sigap tentunya tanpa disadari dapat meningkatkan ketangkasan pada anak. Koordinasi dalam tim juga begitu terasa dengan berbagi peran untuk menghadang tim lawan.

Selain manfaat diatas masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang bisa didapatkan dalam permainan anak tradisional tersebut. Akan tetapi dalam melakukan permainan tersebut tentunya banyak dibutuhkan aktifitas fisik dan permainan itu merupakan permainan dengan aktivitas outdoor. Dan tentunya masalah keringat dan pakaian kotor akan menjadi masalah tersendiri yang harus diatasi. Untuk itu bagi bunda tidak perlu khawatir dengan masalah baju kotor anak setelah mereka bermain. Karena ada Rinso Anti Noda Perfume Essence yang membantu bunda menghilangkan noda secara efektif pada baju kotor. Selain itu juga dilengkapi teknologi SmartFoam sehingg busa mudah untuk dihilangkan, serta proses mencuci lebih cepat dan tentunya begitu ekonomis karena tak butuh banyak air. Keharuman raspberry dan violet dalam formula Rinso Anti Noda Perfume Essence akan membantu menjaga kesegaran pakaian bahkan hingga 21 hari kedepan.

Artikel Terbaru
  • Berikut Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Benjolan di Gusi
    Anda pernah mengalami sakit pada gusi maupun benjolan di gusi. Hal ini tentu mengganggu anda untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Karena benjolan di gusi membuat tidak nafsu makan dan untuk berb ...
  • Inilah 4 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat
    Setiap wanita dilahirkan dengan sebuah mahkota alami yang disebut rambut. Jenis rambut wanita pun sangat beragam, mulai dari yang keriting, bergelombang, hingga lurus. Dengan berbagai jenis rambut ...
  • Telapak Tangan Berkeringat? Kemungkinan ini Penyebabnya
    Apakah Anda sering mengalami telapak tangan berkeringat? Kondisi ini dapat menjadi indikasi kesehatan tubuh, terutama jika keringat terus menerus terjadi. Dalam beberapa kasus, keringat berlebih ser ...
  • Syarat Pengajuan KPR dan Pentingnya Simulasi KPR Rumah
    Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer bagi setiap manusia. Rumah, sebagai salah satu tempat tinggal, merupakan kebutuhan yang penting bagi mereka yang sudah berkeluarga. Masa depan ...
  • 6 Tips Untuk Mengurangi Rambut Rontok
    Rambut rontok bisa menjadi suatu masalah besar yang bisa menyebabkan kekhawatiran dan mempengaruhi kepercayaan diri, terutama untuk wanita. Sebenarnya ini adalah hal yang alami, namun tetap saja k ...
Back to Top
This page needs javascript enabled !