Manfaat Minyak Ikan Bagi Si Kecil

manfaat minyak ikan

Pada umumnya manfaat minyak ikan sangatlah banyak sekali. Dapat mengurangi kadar trigliserida, memelihara kesehatan jantung, mencegah penyumbatan pembuluh darah, baik untuk Ibu hamil, mengurangi kebutuhan akan obat-obatan asma, berpotensi dalam pencegahan kanker dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Selain itu manfaat minyak ikan juga bisa dirasakan bagi si Kecil dalam proses tumbuh kembangnya. Bagi si Kecil yang menginjak umur satu tahun tentunya mulai belajar melakukan beberapa gerakan yang lebih rumit dari yang sebelum-sebelumnya. Setelah si Kecil mahir berjalan, tentunya akan belajar mencoba berjingkat, melompat, berlari, bahkan mungkin si Kecil akan belajar memanjat benda-benda disekitarnya. Selain itu tangan mungilnya sudah bisa menggenggam dan mengambil barang-barang disekitarnya. Bahkan tangan si Kecil bisa lebih terampil lagi melakukan gerakan menjimpit atau menepuk-nepuk mainannya. Hal tersebut tentunya menjadi kebahagian sendiri bagi Bunda.

Semua gerakan yang dilakukan si Kecil tentunya otaklah yang mengaturnya. Bagaimana otak ikut berperan penting dalam gerak motorik tubuh juga telah dijabarkan Dini Kasdu dalam buku “Anak Cerdas”. Dalam buku tersebut, Dini menyampaikan:

  • Respon dari informasi yang dirasakan organ penginderaan menjadi tanggung jawab otak besar. Sebagai contoh disaat si Kecil tangannya terjepit ketika sedang bermain, maka otak mendapatkan pesan rasa sakit.
  • Kontrol koordinasi dan keseimbangan menjadi tanggung jawab otak kecil. Misalnya ketika si Kecil sedang belajar naik sepeda, belajar menendang bola dan melakukan aktifitas yang membutuhkan koordinasi dan keseimbangan lainnya.
  • Gerakan sisi tubuh dikontrol oleh belahan otak secara berlawanan. Sebagai contoh bagian tubuh kanan akan dikontrol oleh otak bagian kiri, begitu juga dengan sebaliknya.

Stimulasi yang dikemas dalam suasana bermain juga dapat menjadi pilihan bunda untuk melatih keterampilan gerak dan respon otak si Kecil. Bunda bisa mengajak si Kecil melakukan stimulasi sederhana yaitu mengajak si Kecil melakukan tos, stimulasi sederhana tersebut dilakukan dengan tujuan melatih menepuk tepat sasaran.  Selain itu bunda juga bisa mengajaknya bermain bola, stimulasi sederhana yang bisa bunda lakukan untuk si Kecil adalah meletakan bola dihadapan si Kecil. Bunda bisa mengajak si Kecil untuk menendang bola didepannya, stimulasi terebut bertujuan untuk mengetahui seberapa mahir si Kecil dalam melakukan koordinasi gerak dalam mendorong atau menendang bola tersebut. Selain dengan menendang bola, bunda juga bisa menawarkan si Kecil untuk melemparnya kearah bunda.

Manfaat Minyak Ikan Bagi Si Kecil

Selain dengan stimulasi yang bunda lakukan, tentunya nutrisi yang mendukung perkembangan otak cukup berperan penting. DHA merupakan salah satu zat gizi yang baik buat perkembangan otak si Kecil. Dalam jurnal berjudul “Omega 3 dan Kecerdasan Anak”, Fifi Melva Diana menyampaikan bahwa dalam pembentukan sel otak dan sel saraf,  DHA mempunyai peran yang penting. Saraf pada otak berperan sebagai penghubung pesan dari otak ke organ penginderaan. Sehingga semakin cepat saraf dalam menyampaikan pesan, tentunya kemampuan motorik pada si Kecil akan berkembang dengan baik. Untuk itu bunda perlu memperhatikan nutrisi apa saja yang terkandung dalam menu harian si Kecil. Bunda bisa memberikan menu yang beragam dengan nutrisi terjaga mulai dari ikan laut, telur, dan kacang-kacangan pilihan yang mengandung DHA.

Sebagai penunjang nutrisi bagi si Kecil, bunda juga bisa memberikan DANCOW 1+ EXCELNUTRI+. Susu ini merupakan susu pertumbuhan anak yang mengandung omega 3, omega 6, dan minyak ikan sebagai sumber DHA. Sehingga nutrisi yang membantu proses belajar si Kecil bisa terpenuhi.

This page needs javascript enabled !