Hari Ini Hutan Amazon Alami Kebakaran Terburuk, Presiden Brasil Tuding Aktivis Pelakunya

Hari Ini Hutan Amazon Alami Kebakaran Terburuk, Presiden Brasil Tuding Aktivis Pelakunya

Kebakaran hutan amazon memang bukan kali pertamanya, tetapi kebakaran yang terjadi hari ini 22 Agustus 2019 menjadi kebakaran amazon terburuk sepanjang sejarah. Bahkan kebakaran hutan amazon tahun ini menapai rekor tertinggi, hingga akhirnya para ilmuwan memberikan peringatan bahwa kebakaran yang terjadi tersebut bisa menjadi hambatan dalam upaya mengatasi perubahan iklim.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro mengatakan bahwa, ‘Tindakan kriminal para lembaga swadaya masyarakat itu terhadap pemerintah Brasil demi menarik perhatian saya menyusul pemotongan anggaran pemerintah mungkin menjadi alasan kebakaran hutan terjadi’. Presiden Brasil menuding para aktivis lingkungan sebagai pelaku yang ada di balik kebakaran hutan di amazon.

Jair Bolsonaro, Presiden Brasil Menuding Aktivis Bakar Hutan di Amazon

Jair Bolsonaro, Presiden Brasil Menuding Aktivis Bakar Hutan di Amazon

Jair Bolsonaro bahkan melontarkan pernyataan tersebut untuk menanggapi kecaman para aktivis lingkungan, yang mana mereka menilai bahwa dirinya telah membiarkan kebakaran hutan di Brasil, terutama hutan di amazon hingga akhirnya mencapai rekor terparah dan tertinggi di tahun ini.

Setidaknya ada sekitar 73 ribu titik api yang berhasil terdeteksi di Brasil tahun ini, dimana sebagian besarnya ada di lembah amazon, hutan hujan tropis terbesar di dunia. Jumlah titik api tersebut adalah yang tertinggi sejak tahun 2013 lalu. Bahkan asap karhutla pun bisa terlihat jelas dari citra satelit INPE di luar angkasa. Kabut asap pekat telah dilaporkan sudah menyelimuti sejumlah kota, salah satunya adalah kota Sao Paulo, hingga akhirnya membuat otoritas mengalihkan jalur penerbangan.

Pandangan dari langit – langit menunjukkan  adanya gumpalan asap hitam pekat yang menyeruak di area hijau hutan amazon. Kebakaran yang terjadi tersebut berlangsung sekitar 1 jam dan telah mencakup sebagian besar jalanan di perkotaan Sao Paulo yang berjarak lebih dari 2.700 kilometer dari hutan amazon.

Pada hari Rabu sore ada beberapa gambar yang menunjukkan bahwasannya langit telah berubah menjadi gelap pekat hingga akhirnya membuat matahari tenggelam di balik asap. Ada banyak kelompok peduli lingkungan yang menyalahkan Presiden Brasil atas kejadian tersebut.

Kebakaran hutan pada dasarnya cenderung alami meningkatan di setiap musim kemarau di Brasil. Kebakaran hutan biasanya terjadi pada akhir bulan Oktober atau awal November. Selain faktor cuaca, kebakaran di Brasil juga sering terjadi karena ulah para petani dan peternak yang ingin membuka lahan untuk usahanya.

Fakta – Fakta Hutan Amazon yang Perlu Diketahui

Fakta – Fakta Hutan Amazon yang Perlu Diketahui

Sebagai paru – paru dunia

Hutan amazon dikenal sebagai hutan hujan terbesar di dunia. Memiliki luasan sekitar 5.5 juta kilometer persegi, tidak salah jika pada akhirnya hutan amazon disebut sebagai paru – paru dunia.

Memiliki banyak hewan unik – unik

Di hutan amazon terdapat banyak sekali jenis hewan unik – unik, salah satunya adalah puak piraha yang dikenal cukup buas. Hewan tersebut memiliki gigi tajam dan pemakan daging.

Memiliki sungai terpanjang

Hutan di amazon dikelilingi sungai terpanjang kedua di dunia, yakni sungai amazon. Yang mana sungai tersebut meliuk – liuk sepanjang 6.400 kilometer.

Mencakup 9 negara di dunia

Hutan amazon telah didiami penduduk hutan hujan dan ternyata mencakup hingga 9 negara di dunia, diantaranya ada Brasil, Venezuela, Bolivia, Kolombia, Peru, Ekuador, Guyana, Guyana Prancis, and Suriname.

Keajaiban dunia

Di tahun 2011 silam, hutan amazon ditetapkan sebagai New 7 Wonders of Nature. Alasannya, hutan tersebut memiliki 2.5 juta spesies jenis serangga, 3.000 jenis buah, dan 10 juta jenis hewan, mulai dari amfibi hingga reptil semuanya ada di sini.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang kejadian kebakaran hutan amazon hari ini, 22 Agustus 2019. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !