Malam Ini Rabu, 14 Agustus 2019 Hujan Meteor Perseid Akan Terjadi di Langit Indonesia

Malam Ini Rabu, 14 Agustus 2019 Hujan Meteor Perseid Akan Terjadi di Langit Indonesia

Benar nggak sih malam ini hujan meteor perseid akan menghiasi langit Indonesia. Kabarnya, fenomena langit malam ini akan terjadi mulai pukul 22 : 00 WIB, Anda bahkan bisa menyaksikan terjadinya hujan meteor secara langsung tanpa bantuan teleskop. Jadi, diharap jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan keindahan langit Indonesia yang tidak akan bisa Anda lihat di hari – hari biasa.

Ya, fenomena alam menarik 2019 tersebut akan segera menghiasi langit Indonesia tepat pada bulan Agustus. Ada hujan meteor perseid yang tentu saja akan terlihat begitu cantik bisa dilihat dengan mata telanjang. Sebagai persiapan untuk menonton hujan meteor di malam nanti, Anda harus tahu dulu nih beberapa hal mengenai hujan meteor, diantaranya sebagai berikut.

Fakta Menarik Hujan Meteor Perseid di Indonesia

Malam Ini Rabu, 14 Agustus 2019 Hujan Meteor Perseid Akan Terjadi di Langit Indonesia

Asal muasal hujan meteor perseid

Meteor perseid ini merupakan fenomena alam yang jarang sekali terjadi. Hujan meteor dengan jenis ini berupa hujan meteor yang biasanya dikait – kaitan dengan komet swift tuttle. Diberi nama ‘perseid’, alasannya karena titik radian hujan mateor tersebut tampak seolah – olah berasal dari arah rasi bintang perseus.

Pada kenyataannya di setiap tahunnya bumi akan berpapasan dengan gugusan debu sisa komet tersebut. Tidak heran jika yang demikian ini sebabkan terjadinya hujan meteor perseids yang akan terjadi mulai tanggal 17 Juli – 24 Agustus 2019. Yang menjadi penyebab utama hujan meteor pereid adalah sisa – sisa debu komet swift tuttle. Komet tersebut pertama kalinya ditemukan di tahun 1862 dan mengelilingi matahari di setiap 130 tahun sekali.

Puncak terjadinya hujan meteor perseid

Puncak terjadinya hujan yang tak biasa ini akan terjadi sekitar 12 – 13 Agustus. Dimana jumlah meteor yang terlihat sekitr 90 meteor di setiap jamnya. Tetapi demikian jika menggunakan radar meteor, maka jumlah meteor yang berhasil terdeteksi bisa sampai ratusan.

Seperti yang kami singgung di awal, bahwa meteor perseid asalnya dari serpihan debu ekor komet swift tuttle yang berhasil memasuki atmosfer bumi. Radar meteor tersebut deteksi jejak ionisasi di atmosfer dengan ketinggian 70 – 110 km. Dimana jejak ionisasi yang berasal dari debu – debu yang terbakar akan terlihat seperti bintang yang sedang melesat dan tampak begitu cantik.

Hujan meteor bisa disaksikan di seluruh wilayah di Indonesia

Hujan meteor perseid yang terjadi di tahun 2019 ini ternyata bisa dilihat di seluruh wilayah di Indonesia pada rentang waktu pukul 22 : 00 – 05 : 00 WIB. Tak perlu khawatir, sebab hujan meteor tersebut sangat aman untuk dilihat, baik itu dengan mata telanjang, karena memang medan pandangnya yang lebih luas.

Jumlah meteor yang menghujani langit Indonesia tahun ini lebih sedikit

Ya, jumlah hujan meteor perseid yang terjadi pada hari Rabu, 14 Agustus 2019 hingga berakhirnya hujan meteor tersebut diprediksikan jumlahnya lebih sedikit dibandingkan tahun – tahun sebelumnya. Biasanya jumlahnya bisa mencapai 90 meteor per jam. Penyebab jumlah hujan meteor yang menurun adalah karena fenomena hujan meteor ini hampir berbarengan dengan bulan purnama.

Keistimewaan hujan meteor perseid di Indonesia

Jika dibandingkan dengan jenis hujan meteor yang lain, ternyata hujan meteor perseid ini memiliki jumlah meteor maksimum yang tergolong cukup besar, bahkan bisa sampai 90 meteor per jam asalkan langit dalam kondisi sempurna dan tidak berbarengan dengan fenomena bulan purnama. Sumber utama terjadinya hujan meteor perseid bahkan berbeda dengan hujan meteor lainnya.

Semua hujan meteor periodik asalnya dari remah komet, tetapi hanya meteor perseid saja yang memiliki karakter hujan cukup kuat, sementara itu komet induknya sendiri memiliki periode lebih panjang.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang hujan meteor perseid yang terjadi hari Rabu, 14 Agustus 2019. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !