Jokowi Pindahkan Ibukota ke Kalimantan, Ini Deretan Infrastruktur yang Akan Dibangun

Jokowi Pindahkan Ibukota ke Kalimantan, Ini Deretan Infrastruktur yang Akan Dibangun

Memang sudah cukup lama cuitan mengenai perpindahan ibukota ke Kalimantan beredar di internet. Bahkan Kementerian PPN atau Bappenas turut memaparkan bahwasannya perpindahan ibukota ini juga akan berdampak pada beberapa sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan ibukota baru. Itu artinya akan dibutuhkan konsep pengelolaan ibukota negara, seperti fasilitas publik, gedung perkantoran, dan sarana utilitas.

Ini Dia Infrastruktur yang Akan Dibangun Jika Ibukota Pindah ke Kalimantan

Jokowi Pindahkan Ibukota ke Kalimantan, Ini Deretan Infrastruktur yang Akan Dibangun

Perlu untuk diketahui bahwa sarana utilitas yang dibutuhkan pada dasarnya terdiri dari saluran yang multifungsi, air bersih dan minuman, listrik, sarana penerangan, jalan, juga beberapa sarana utilitas yang lain. Sementara itu untuk gedung perkantorannya sendiri dibutuhkan dalam konsep pengelolaan ibukota yang baik, seperti gedung untuk lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Tidak hanya itu saja, pastinya juga akan dibutuhkan pula beberapa fasilitas publik, seperti rumah sakit, sarana dan prasarana olahraga, kesenian, transportasi urban, perpustakaan, pasar, rumah susun sewa, juga beberapa fasilitas publik yang lain. Pada dasarnya dimana pun ibukota baru akan dibangun, maka dampaknya keseluruh Kalimantan akan signifikan.

Jokowi Pindahkan Ibukota ke Kalimantan, Ini Deretan Infrastruktur yang Akan Dibangun

Salah satu tujuan dari dipindahkannya ibukota ke Kalimantan tidak lain agar Indonesia sentris, seimbang terhadap semua wilayah yang ada di Indonesia. Maka dari itu dipilihlah Kalimantan, selain memiliki lahan yang begitu luas dan relatif aman bencana. Pindahnya ibukota ke Kalimantan ini membuat Kementerian PPN atau Bappenas akan membentuk badan otorita yang bertugas untuk memudahkan masalah manajemen aset serta pendaan bagi beberapa proyek KPBU utilitas.

Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan ibukota baru ke Kalimantan seluas 40 ribu hektar membutuhkan sekitar Rp 466 triliun. PPN atau Bappenas menegaskan bahwasannya pemerintah ingin pemindahan ibukota baru ini bisa diupayakan dengan pembiayaan sendiri serta meminimalisasi penggunaan hutang.

Jokowi Pindahkan Ibukota ke Kalimantan, Ini Deretan Infrastruktur yang Akan Dibangun

Mungkin penggunaan hutan ini akan disiapkan untuk kekurangan dalam pembiayaan pemindahan ibukota baru. Sehingga hutang hanya akan jadi salah satu sumber terkait rencana skema pembiayaan perpindahan ibukota baru. Syafruddin selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan bahwa ASN atau PNS yang bekerja di pemerintah pusat serta Kementerian atau Lembaga akan ikut berpindah apabila ibukota memang dipindahkan ke Kalimantan.

Setidaknya ada sekitar 2 juta PNS yang akan dibawa jika ibukota Indonesia secara resmi dipindahkan ke Kalimantan, atau pun ke tempat lain. Sebelumnya, Kementerian PPN atau Bappenas sudah merancang 2 skenario yang ada kaitannya dengan pindahnya ASN atau PNS ke ibukota baru. Rudy S Prawiradinata, selaku Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN atau Bappenas mengatakan bahwa skenario pertama, jika pemindahan semua ASN, baik legislatif, eksekutif, maupun yudikatif yang jumlahnya sebanyak 1.5 juta orang, maka sudah pasti akan butuh lahan yang luasnya sekitar 40 ribu hektar.

Sementara itu apabila hanya memindahkan sebagian ASN atau PNS saja lewat skema right sizing, maka diperkirakan akan butuh lahan yang tak terlalu banyak, yakni seluas 30 ribu hektar di ibukota baru di Kalimantan. Lalu untuk biaya yang dibutuhkannya sendiri sudah pasti sangat besar, yakni di atas Rp 300 triliun.

Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN atau Kepala Bappenas) mengatakan bahwa akan ada beberapa tahap yang perlu dilalui sebelum akhirnya implementesi pemindahan ibukota negara diwujudkan.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang infrastruktur yang akan dibangun jika ibukota pindah ke Kalimantan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

This page needs javascript enabled !