PDIP Diuntungkan Hasil Reshuffle Kabinet

Reshuffle Kabinet Kerja yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dilakukan setelah kepemimpinan mereka selama 10 bulan. Mengenai reshuffle yang dilakukan oleh Jokowi, menurut Gun Gun Haryanto yang menjadi salah satu pengamat politik, PDI Perjuangan yang menjadi partai pendukung Jokowi menjadi pihak yang sangat diuntungkan dengan proses reshuffle kabinet tersebut. Akan tetapi hal ini justru membuat Jokowi harus semakin berhati-hati dengan reshuffle yang ia lakukan beberapa waktu lalu.

PDIP memang mendapatkan keuntungan. Akan tetapi belum tentu juga hal ini akan membuat PDIP berhasil di pemerintahan. Ada banyak titipan dengan dukungan yang kuat sehingga masih bisa mengontrol pemerintahan Indonesia. Hal ini yang harus diatasi oleh Jokowi. Jokowi harus pintar meracik dan menentukan taktik. Gun Gun sendiri mengatakan bahwa PDIP untuk sementara memang diuntungkan.

Reshuffle kabinet tersebut sudah pasti akan memakan korban. Pola pergantian kabinet memang lebih menitik beratkan menteri yang tidak mendapatkan dukungan partai di parlemen. Bukan disebabkan kinerja yang buruk. Dan reshuffle kabinet tersebut sudah banyak yang memprediksi akan dilakukan Jokowi. Apalagi ada beberapa menteri Kabinet Kerja yang dinyatakan bermasalah dengan tidak mampu berkomunikasi secara politik dan juga penegakan hukum yang lemah sehingga berimbas kepada ekonomi Indonesia yang semakin menurun. Tentu saja Jokowi mencoba melakukan reshuffle yang sangat menguntungkan PDIP.

This page needs javascript enabled !