Ganjil-Genap Motor di DKI Jakarta Ternyata HOAX, Benarkah?

Ganjil-Genap Motor di DKI Jakarta Ternyata HOAX, Benarkah?

Masyarakat kembali lagi dihebohkan mengenai sebuah pesan berantai yang saat ini tengah beredar, dimana pesan tersebut meminta agar para pengendara roda dua atau motor untuk lebih waspada, sebab ganjil genap motor akan segera dilakukan. Tetapi langkah pertama yang diambil adalah dilakukannya uji coba bagi pengendara sepea motor tersebut, tepatnya di jalan MH Thamrin dan jalan Medan Merdeka Barat.

Tapi pada kenyataannya ada yang janggal, sebab disebutkan tanggal ganjil – genap motor ini dimulai pada bulan Agustus 2018. Pesan tersebut bahkan tertulis bahwasannya polisi akan segera mengeluarkan pengendara yang nekat melintas tidak sesuai dengan ketentuan di jalur ganjil genap.

Ganjil-Genap Motor di DKI Jakarta Ternyata HOAX, Benarkah?

Para pengendara roda dua yang melanggar akan diarahkan untuk mencari jalan lain. Syafrin Liputo, selaku Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan bahwasannya informasi tersebut ternyata tidak benar, alias HOAX.

Iya kabar akan diberlakukannya ganjil genap untuk pengendara roda dua ternyata HOAX. Dan berikut ini adalah bunyi lengkap pesan yang saat ini lagi viral di masyarakat yang ternyata HOAX, “Dishub DKI Jakarta Kaji Skema Ganjil Genap Sepeda Motor Pengendara Sepeda Motor Melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (2/7). Sistem ganjil genap sepeda motor rencana akan diberlakukan mulai pukul 6 – 10 pagi, di jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat”.

Menariknya, jika ada pengendara motor yang melanggar aturan tersebut, maka akan dikenakan sanksi tilang. Namun sekarang Anda pastinya tak perlu khawatirkan masalah tersebut, karena ternyata informasi aturan ganjil genap motor yang lagi viral di masyarakat tersebut HOAX.

Fakta Menarik Tentang Ganjil-Genap Motor di DKI Jakarta

Ganjil-Genap Motor di DKI Jakarta Ternyata HOAX, Benarkah?

Kabar HOAX

Ya, informasi ganjil genap motor yang terjadi di DKI Jakarta ini dibantah oleh Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Made Agus. Ia berkata bahwa sudah berkoordinasi dengan Dishub atau Dinas Perhubungan terkait mengenai informasi  yang lagi viral di masyarakat tersebut. Dan dipastikan bahwa ganjil genap motor di DKI Jakarta itu HOAX.

Aturan ganjil genap berlaku untuk mobil

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa selama ini aturan ganjil genap hanya diberlakukan untuk pengendara roda empat, atau mobil. Dimana aturan tersebut telah diterapkan di jalur Sudirman – Thamrin, jalan Gatot Subroto – Slipi, dan jalan Rasuna Said, Kuningan, mulai pukul 6 – 10 pagi dan 5 sore – 8 malam.

Sementara itu untuk aturan ganjil genap motor masih belum pernah diterapkan. Namun demikian yang pernah hanyalah pembatasan penggunaan sepeda mobil di kawasan Bundaran HI hingga di jalan Merdeka Barat pada tahun 2015 lalu.

Usulan ganjil genap motor ditolak

Meskipun sampai saat ini masih belum pernah diterapkan, akan tetapi ternyata aturan ganjil genap motor sebelumnya sudah pernah diusulkan. Tetapi ternyata Gubernur DKI Jakarta, yakni Anies Baswedan menolaknya. Baginya, aturan ganjil genap ini hanya berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Diusulkan lagi aturan ganji genap

BPTJ atau Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan mengusulkan kembali untuk diberlakukan aturan ganjil genap Asian Games, yang dulu pernah dilakukan di tahun 2018 sebagai aturan ganjil genap terbaru. Aturan ini nanti akan membuat para pengendara ganjil genap bebas berkendara selama 15 jam mulai pukul 6 pagi hingga 9 malam. Tapi sampai sekarang aturan tersebut masih belum diberlakukan. Berikut ini adalah ruas jalan yang pernah diusulkan untuk diberlakukan ganjil genap Asian Games.

  • Jalan Medan Merdeka Barat
  • Jalan MH Thamrin
  • Jalan Jenderal Sudirman
  • Jalan Sisingamangaraja
  • Jalan Jenderal Gatit Subroto
  • Jalan MT Haryono
  • Jalan Jenderal S Parman
  • Jalan HR Rasuna Said
  • Jalan Metro Pondok Indah
  • Jalan Jenderal DI Panjaitan
  • Jalan Jenderal Ahmad Yani
  • Jalan Benyamin Sueb
  • Jalan RA Kartini

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang ganjil genap motor di DKI Jakarta ternyata HOAX. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !