(Update 2019) Tips Bikin Ketupat yang Empuk dan Tahan Lama Terbaru

Tips Bikin Ketupat yang Empuk

Lagi cari tips bikin ketupat yang empuk dan tahan lama? Sepertinya Anda ada di tempat yang tepat. Karena apa? Sebab, melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda seputar langkah mudahnya membikin ketupat yang pastinya harus banget Anda coba.

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa ketupat pada dasarnya menjadi lauk wajib di hari raya Idul Fitri yang akan datang sebentar lagi. Apabila kali ini Anda mau bikin ketupat sendiri, maka pastikan untuk memperhatikan dengan baik beberapa tips berikut ini. Tujuannya tidak lain agar Anda bisa mendapatkan ketupat yang tidak hanya empuk dan tahan lama tetapi juga lembut banget.

Untuk membuat ketupat sendiri tentu saja tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika Anda tidak tahu tips dan triknya, maka bukan tidak mungkin ketupat yang Anda buat tersebut justru jadi bantat dan mudah basi. Ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan, mulai dari pemilihan jenis beras yang tepat hingga cara penyimpanan ketupat yang benar. Nah, daripada harus berlama – lama lagi langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Bikin Ketupat yang Empuk dan Tahan Lama

Tips Bikin Ketupat yang Empuk

Pastikan untuk memilih bahan yang bagus

Tips bikin ketupat yang empuk dan tahan lama pertama adalah dengan memilih bahan ketupat yang bagus. Misalnya saja dengan memilih beras yang berkualitas bagus. Ya, khususnya untuk bahan beras ini Anda harus memilih beras pulen seperti beras dengan jenis pandang wangi, rojolele, atau pun mentik spesial. Jika sudah, rendam beras tersebut ke dalam air kurang lebih selama 1 jam. Jika sudah, Anda bisa menambahkan sedikit air kapur sirih agar ketupat yang Anda buat tersebut jadi sedikit kenyal. Lalu, tiriskan sampai kering.

Kemudian untuk kulit ketupatnya sendiri Anda harus memilih ukurannya sama agar nanti ketupat tersebut bisa matang bersamaan. Pastikan anyaman janurnya cukup rapat untuk menahan beras supaya tidak keluar.

Mengisi dan memasak ketupat dengan benar

Ingat, Anda sangat tidak disarankan sekali untuk meletakkan beras yang terlalu banyak sebagai isian ketupatnya. Lebih baik Anda isi ketupat tersebut dengan beras hingga 2/3 bagian kulit. Jika sudah susun ketupatnya di dalam panci tinggi dan besar.

Kemudian lanjutkan menuangi air panas sampai semua air merendam ketupat. Jika sudah masak kurang lebih selama 2 – 3 jam sampai ketupatnya jadi padat. Apabila airnya berkurang maka Anda bisa menambahkan air panas secukupnya. Selain teknik merebus biasa, Anda juga bisa membikin ketupat ini dengan panci bertekanan atau pressure cooker. Cara tersebut nanti butuh waktu kurang lebih sekitar 30 menit saja.

Siram ketupat dengan air dingin

Ada cara membuat ketupat yang mudah untuk menjaga agar ketupat tersebut tidak mudah basi atau pun berair. Misalnya saja setelah ketupatnya matang sempurna, silakan Anda angkat dan siram ketupatnya dengan air dingin. Proses ini nanti akan membersihkan lendir dari janur yang menempel pada ketupat yang sudah matang. Bahkan, hal tersebut juga bisa menghilangkan kotoran pada sisa air rebusan ketupat.

Tiriskan ketupat agar benar – benar kering

Salah satu kunci lain pada saat membuat ketupat yang tidak boleh Anda lupakan adalah meniriskannya sampai benar – benar kering. Oleh sebab itu penting sekali untuk meletakkan ketupat di atas wadah yang bercelah, sehingga air sisa rebusan bisa mengalir. Cara tersebut memungkinkan ketupat bisa tahan lebih lama.

Nah, itulah tips bikin ketupat yang empuk dan tahan lama terbaru bisa kami informasikan. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

This page needs javascript enabled !