Mengetahui Tata Cara Sholat Tasbih yang Benar Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Tata Cara Sholat Tasbih yang Benar Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, sehingga setiap umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak melakukan ibadah. Tidak hanya ibadah wajib saja, tetapi Anda juga dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah. Nah, salah satu ibadah sunnah yang baik dilakukan di bulan suci Ramadhan ini adalah sholat Tasbih.

Bagi umat muslim yang taat, Anda disarankan untuk melaksanakan sholat Tasbih di setiap malam, tetapi jika tidak mampu maka bisa melaksanakannya di tiap malam jumat, atau setidaknya sekali dalam seumur hidup. Penting sekali untuk diketahui bahwa keutamaan sholat Tasbih ini adalah sholat sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bagi sebagian orang, sholat Tasbih juga menjadi salah satu amalan saat malam nisfu syaban.

Makanya, pada kesempatan yang baik kali ini kami akan membagikan informasi kepada Anda seputar tata cata sholat Tasbih yang benar menurut anjuran Rasulullah SAW. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Mengetahui Tata Cara Sholat Tasbih yang Benar Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Tata Cara Sholat Tasbih yang Benar Menurut Anjuran Rasulullah SAW

  • Pada saat Anda selesai membaca doa Iftitah, silakan lanjutkan membaca surat Al-Fatihah, kemudian baca surat pilihan. Apabila sudah selesai membaca surat, maka sebelum ruku baca tasbih sebanyak 15 kali. (Subhaanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallahu wallahu akbar. Walaa hawla walaa quwaata illa billahil ‘aliyyil’azhiim).
  • Kemudian ruku dan baca doa ruku, lalu baca tasbih seperti yang sudah kami sebutkan di atas sebanyak 10 kali. Jika sudah selesai membaca tasbih sebanyak 10 kali kemudian silakan berdiri atau I’tidal. Apabula sudah membaca doa tahmid I’tidal Anda bisa melanjutkan dengan membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali, kemudian sujud.
  • Pada saat sujud, setelah selesai membaca doa tasbih sujud silakan Anda baca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali. Kemudian lanjutkan duduk diantara dua sujud. Apabila Anda sudah selesai membaca doa duduk diantara dua sujud, maka bisa melanjutkan membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali. Nah, pada sujud yang kedua ini Anda bisa membaca doa tasbih sujud, kemudian baca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Lalu pada sujud yang kedua baca doa tasbih sujud dan baca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali. Jika sudah selesai, sebelum Anda berdiri ke raka’at kedua Anda bisa melakukan duduk istirahah sambil membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali. Kemudian jika sudah berdirilah untuk menyelesaikan rakaat kedua dan seterusnya sampai empat rakaat.
  • Anda bisa mengulanginya lagi membaca tasbih pada rakaat kedua dan seterusnya seperti di rakaat pertama. Jadi, tiap rakaat masing – masing ada 75 kali tasbih dan total 4 rakaat Anda membaca tasbih sebanyak 300 kali.

Tata Cara Sholat Tasbih yang Benar Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Penting sekali untuk diketahui bahwa pada dasarnya sholat sunnah Tasbih ini diajarkan Rasulullah SAW kepada kita, umat muslim yang ada di seluruh penjuru dunia untuk dilakukan di setiap hari, atau jika memang tidak mampu maka bisa dilakukan cukup satu kali dalam seminggu atau sebulan sekali maupun setahun sekali.

Sholat Tasbih adalah sholat sunnah yang mana di dalamnya pelaku sholat ini akan membaca kalimat tasbih sebanyak 300 kali pada 4 rakaat yang masing – masing 75 kali tasbih. Hikmah sholat yakni bisa mencegah dari perbuatan yang keji dan mungkar. Tetapi yang pasti sholat tasbih ini harus dilakukan dengan hari ikhlas dan mengharap agar bisa pula seseorang yang melakukannya bisa dicegah atau terjaga dari perbuatan – perbuatan keji lagi mungkar.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tata cara sholat Tasbih yang benar menurut anjuran Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !