Bahaya Pakai VPN Gratis untuk Mengakses Media Sosial yang Penting Kamu Tahu

Bahaya Pakai VPN Gratis

Semenjak beberapa aplikasi, seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram dibatasi oleh pemerintah kini penggunaan aplikasi VPN gratis pun semakin banyak. Ya, ada banyak sekali orang yang pada akhirnya menggunakan aplikasi VPN agar bisa tetap mengakses aplikasi yang dibatasi, atau diblokir oleh pemerintah tersebut. Tapi tahu nggak sih bahwa ternyata ada dampak negatif dari penggunaan aplikasi VPN gratisan ini?

VPN atau yang juga disebut dengan Virtual Private Network tersebut sekarang menjadi aplikasi paling populer sejak adanya pembatasan akses beberapa media sosial oleh pemerintah. Meskipun keberadaan aplikasi tersebut pada dasarnya sudah ada sejak lama. Dulu sebelum adanya pembatasan tersebut aplikasi ini sering sekali digunakan untuk bobol beberapa situs yang diblokir pemerintah.

Bahaya Pakai VPN Gratis

Dengan mendownload aplikasi VPN yang gratis atau pun berbayar, maka pengguna smartphone, tablet, atau pun PC harus terhubung terlebih dulu ke PC lain atau yang biasanya disebut dengan server yang bisa jadi ada di negara yang berbeda. Seolah – olah Anda berasal dari negara tersebut, sehingga Anda bisa lebih mudah lagi mengakses media sosial seperti biasanya.

Tetapi demikian, Anda jangan senang dulu sebab ternyata penggunaan aplikasi VPN gratisan ini cukup membahayakan sekali. Anda bahkan disarankan agar lebih berhati – hati lagi sebab aplikasi VPN gratis tersebut memungkinkan pihak ketiga yang jahat untuk menyelinap lewat data pribadimu, atau bisa juga hal yang lebih buruk lagi menimpah Anda. Mau tahu apa saja bahaya pakai VPN  gratis? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Bahaya Pakai VPN Gratis untuk Mengakses Media Sosial yang Penting Kamu Tahu

Data dan alamat IP bisa saja bocor

Bahaya Pakai VPN Gratis

Pada dasarnya aplikasi VPN ini bekerja seperti terowongan, dimana jaringan Anda nanti akan melewati suatu jalur rahasia untuk bisa sampai ke tujuan, yakni internet. Jadi tidak heran pula jika akan ada kemungkinan data atau alamat IP yang bocor ke publik melalui hal tersebut.

Terjadinya penjualan data secara ilegal

Bahaya Pakai VPN Gratis

Buat Anda pengguna VPN berbayar mungkin sedikit lega dan tak perlu khawatirkan soal masalah penjualan data ini. Sebab, biasanya penyedia VPN berbayar punya aturan yang bisa dibilang cukup ketat sekali, bahkan ada pula jaminan keamanan data – data. Tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi pengguna aplikasi VPN gratisan, akan ada resiko penjualan data secara ilegal oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Rentan terjadi penipuan

Bahaya Pakai VPN Gratis

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bahwa penggunaan VPN gratis ini rentan bocornya data identitas, sehingga aplikasi tersebut juga rentan akan mengarah ke penipuan finansial. Pola kerja yang terjadi pada aplikasi VPN gratisan ini membuat layanan tersebut sangat berbahaya sekali, sebab memberikan akses kepada pihak ketiga atas data pribadi para penggunanya.

Privasi pengguna mudah terlacak

Bahaya Pakai VPN Gratis

Salah satu kekurangan dari penggunaan aplikasi VPN gratisan adalah kecepatan selancar yang lelet, koneksi kurang stabil, pembatasan penggunaan data, serta enkripsi yang lemah. Masalah keamanan privasi penggunanya bisa saja terjadi sebab pihak ketiga bisa tahu, mencatat, dan melacak semua konten, alamat IP, hingga situs yang Anda kunjungi, juga beberapa aktifitas yang lainnya.

Jebakan iklan

Bahaya Pakai VPN Gratis

Asal Anda tahu saja, bahwa pada dasarnya aplikasi VPN gratis ini memperoleh pendapatan dari iklan yang dipasang di aplikasi atau situs mereka. Sehingga akan ada resiko iklan tersebut disusupi oleh virus atau malware, maupun aplikasi lainnya yang secara otomatis terpasang di PC atau gadget Anda.

Nah, itulah tadi beberapa bahaya pakai VPN gratis untuk mengakses media sosial yang penting sekali untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !