Tempat Wisata Gratis di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Tempat Wisata Gratis di Jakarta

Libur lebaran selain harus berkunjung ke rumah kerabat, tentu saja tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke beberapa destinasi wisata bareng keluarga. Buat Anda nih yang kebetulan ingin traveling saat libur lebaran, tetapi juga ingin berkunjung ke beberapa destinasi wisata gratis, datang saja ke  tempat wisata gratis di Jakarta berikut ini.

Ya, meskipun dikenal dengan biaya hidup yang mahal, tetapi pastinya Anda tidak pernah menyangka sebelumnya jika Jakarta masih memiliki destinasi wisata gratis. Bahkan yang demikian ini juga pas banget buat Anda yang ingin hemat budget saat liburan. So, daripada harus berlama – lama lagi langsung saja simak beberapa rekomendasi tempat wisata Jakarta gratis yang bisa Anda kunjungi berikut ini.

Tempat Wisata Gratis di Jakarta yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Taman Suropati

Taman Suropati

Tempat wisata gratis di Jakarta pertama yang bisa dikunjungi saat libur lebaran adalah Taman Suropati. Ya, untuk mengunjungi taman yang ada di jalan Ponorogo, Menteng, Jakarta Pusat tersebut Anda tidak harus mengeluarkan biaya sepeser pun, alias gratis. Taman Suropati ini mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Jakarta. Lokasinya yang strategis, sehingga membuat taman tersebut jadi lokasi yang paling difavoritkan oleh masyarakat Jakarta, terutama oleh anak muda Jakarta untuk nongkrong. Suasananya yang asri, Anda bahkan bisa berpiknik di tengah – tengah taman. Biasanya ada banyak sekali komunitas yang sering kopi darat di lokasi tersebut, sehingga semakin membuat suasana jadi seru dan menyenangkan.

Taman Kalijodo

Taman Kalijodo

Salah satu tips liburan gratis di Jakarta yang bisa banget Anda coba adalah dengan berkunjung ke Taman Kalijodo. Taman tersebut ada di sebuah area di sekitar jalan Kepanduan II, Penjagalan, Jakarta Utara. Dulu tempat ini lebih dikenal sebagai wilayah prostitusi terbesar dan tertua di kota Jakarta. Akan tetapi sejak masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, atau yang akrab disebut dengan nama “Ahok”, wilayah tersebut akhirnya dimanfaatkan sebagai ruang publik terpadu rumah anak atau RPTRA dan ruang terbuka hijau.

Tidak hanya itu saja, ternyata area tersebut juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas publik yang cukup memadai. Tidak ada pungutan biaya pula, Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan.

Museum Nasional

Museum Nasional

Rekomendasi lainnya destinasi wisata gratis di kota Jakarta yang harus banget Anda kunjungi adalah Museum Nasional. Museum tersebut letaknya cukup dekat dengan Monas. Tidak hanya memiliki ratusan ribu koleksi peninggalan sejarah, ternyata museum ini juga memiliki banyak spot untuk foto selfie dan swafoto. Anda bisa berkunjung ke museum di Jakarta tersebut pada hari Selasa – Minggu. Di hari Senin dan hari besar nasional museum ini biasanya tutup.

Kota Tua

Kota Tua

Sudah sejak dulu Kota Tua menjadi salah satu lokasi wisata yang unik dan bersejarah di Jakarta. Sebab memiliki banyak sekali bangunan – bangunan kuno sejak penjajahan Belanda. Di sini Anda bisa menjumpai banyaknya spot yang bisa digunakan untuk berfoto – foto, bahkan prewedding. Jika mau, Anda juga bisa berfoto dengan orang yang berdandan ala patung hingga setan.

Monumen Nasional atau Monas

Monumen Nasional atau Monas

Berkunjung ke Jakarta tentu saja tidak afdol jika Anda tidak mampir ke Monas atau Monumen Nasional. Menjadi ikonnya Jakarta, Anda tentu harus banget mengunjungi Monas. Untuk bisa masuk ke Monumen Nasional tersebut memang tidak dikenai biaya sepeser pun, tetapi jika Anda ingin menuju ke puncak Monas maka Anda masih harus membayar tiket masuknya sebesar Rp 10 – 20 ribu rupiah.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata gratis di Jakarta yang cocok dikunjungi saat libur lebaran. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !