Cara Mengobati Diare Secara Alami Saat Masa Puasa Ramadhan

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Tidak hanya saat sahur saja, tetapi saat berbuka pun Anda harus memperhatikan dengan baik pola makan yang sehat dan seimbang. Bukan tanpa alasan, ternyata gangguan pencernaan menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap kali menghampiri seseorang yang sedang berpuasa, termasuk diare.

Diare pastinya akan sangat menggangu proses puasa Anda, tetapi Anda tak perlu khawatirkan masalah tersebut, Anda bisa coba cara mengobati diare secara alami saat masa puasa Ramadhan yang akan kami rangkumkan berikut ini.

Cara Mengobati Diare Secara Alami Saat Masa Puasa Ramadhan

Memperbanyak konsumsi cairan seperti air putih

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Terserang diare dihari biasa selain Ramadhan saja membuat Anda kekurangan cairan, apalagi jika Anda mengalaminya saat puasa yang mana saat itu tubuh Anda tidak menerima asupan cairan kurang lebih sekitar 12 jam. Yang demikian ini nanti akan memperburuk kondisi tubuh hingga meningkatkan resiko dehidrasi. Makanya Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi cairan, terutama air putih saat berbuka dan sahur.

Mengkonsumsi yoghurt sebelum tidur di malam hari

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Sudah sejak dulu, yoghurt dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk juga yang ada kaitannya dengan pencernaan. Tidak hanya bisa melancarkan makanan yang dicerna di dalam saluran pencernaan, ternyata kandungan bakteri probiotik yang ada di dalamnya juga bisa membasmi bakteri jahat yang ada di sistem pencernaan. Tetapi sebelum mengkonsumsinya, lebih baik Anda pilih yoghurt yang bersih dari pemanis buatan. Karena pemanis buatan ini justru bisa memperparah diare yang sedang Anda alami. Anda bisa mengkonsumsinya di malam hari sebelum tidur.

Menghindari konsumsi makanan berminyak dan berlemak tinggi

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Ada banyaknya menu makanan yang berlemak tinggi maupun berminyak pada dasarnya jadi godaan tersendiri untuk segera disantap saat waktu buka puasa tiba. Tetapi apabila Anda sedang menderita diare, lebih baik hilangkan keinginan untuk mengkonsumsinya selama Anda masih belum sembuh total, sebab ini akan membuat diare yang Anda derita semakin parah. Beberapa jenis makanan dengan kandungan lemak tinggi harus Anda hindari diantaranya daging merah, gorengan, junk food, dan lain – lain.

Mengkonsumsi obat anti diare

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Selain mengkonsumsi banyaknya air putih di malam hari, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi obat – obatan anti diare yang bisa mempersingkat lamanya diare yang Anda derita dan mengurangi berbagai macam gejala secara bertahap. Anda bisa beli obat anti diare ini di apotek – apotek terdekat tanpa perlu resep dari dokter seperti loperamide, diapet, dan entrostop. Namun demikian sebelum dikonsumsi, ada baiknya bila Anda membaca terlebih dulu petunjuk yang ada pada kemasannya agar Anda tahu apa obat tersebut benar – benar cocok untuk Anda, dan bisa dikonsumsi sesuai takaran dosis yang benar.

Batalkan puasamu jika diare terjadi secara berulang dalam waktu 2 – 3 jam

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Untuk mencegah resiko dehidrasi Anda harus segera membatalkan puasamu jika diare tersebut terjadi secara berulang, misalnya saja dalam jarak waktu 2 – 3 jam. Resiko dehidrasi akibat diare yang Anda derita pastinya akan semakin memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Nah, itulah tadi cara mengobati diare secara alami saat masa puasa Ramadhan yang bisa kami informasikan. Oh iya, penting sekali untuk Anda tahu, bahwa beberapa cara di atas selain dengan cara membatalkan puasa bisa Anda gunakan dengan catatan, diare yang Anda alami disebabkan oleh efek makanan. Misalnya saja beberapa jam setelah sahur Anda buang air besar berupa cairan, lalu baru BAB lagi setelah sekitar – 8 jam kemudian. Maka Anda bisa berpuasa sampai saatnya waktu berbuka tiba. Semoga informasinya bemanfaat.

This page needs javascript enabled !