Tips Puasa Bagi Ibu Hamil yang Tetap Aman Bagi Janin

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Moms, pastinya tahu kan bahwa hukum berpuasa Ramadhan bagi wanita hamil adalah Sunnah. Tetapi demikian juga ada banyak orang yang menganjurkan jika sedang dalam masa kehamilan untuk tidak ikut berpuasa. Alasannya, tidak lain karena khawatir atau takut akan kesehatan janin yang dikandungnya.

Tetapi demikian, ternyata hal tersebut tak lantas menyurutkan niat para moms untuk tetap ikut menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Apalagi ibadah puasa ini hanya datang satu tahun sekali, jadi bisa dibilang bahwa puasa bagi ibu hamil itu tetap aman bagi janin maupun moms sendiri. Asal tetap memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi.

Nah, buat Anda nih yang kebetulan sedang dalam masa kehamilan dan ingin berpuasa di tahun 2019 ini, lebih baik ikuti tips puasa bagi ibu hamil berikut ini. Dijamin akan tetap aman kok bagi janin yang Anda kandung.

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil yang Tetap Aman Bagi Janin

Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Selama puasa Ramadhan, moms yang sedang hamil pastinya akan lebih mudah lagi merasa lelah. Nah, agar Anda bisa menghindari hal – hal yang tak diinginkan, lebih baik Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup di setiap harinya. Selain itu, Anda juga dilarang untuk melakukan aktifitas berat selama puasa.

Cukupi kebutuhan air putih dan susu untuk ibu hamil

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Tips puasa bagi ibu hamil yang lainnya adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih dan susu khusus untuk ibu hamil. Anda bisa mengkonsumsi air putih yang cukup mulai dari berpuasa puasa hingga waktu sahur tiba. Ini pasti akan membantu Anda untuk terhindari dari masalah dehidrasi selama puasa. Sementara itu untuk susu ibu hamil sendiri bisa Anda minum saat sahur, sehingga bisa menjadi energi tambahan agar Anda tidak mudah merasa lelah dan lemas saat berpuasa.

Menghindari makan makanan yang pedas

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Meskipun makan makanan yang pedas cukup menggugah selera, tetapi sebaiknya Anda menghindarinya pada saat sedang hamil. Makanan yang pedas tidak hanya bisa sebabkan sakit perut pada ibu hamil, tetapi juga diare. Bahkan makanan pedas juga bisa memicu terjadinya kontraksi.

Makan secara perlahan

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Sebab Anda sudah menahan rasa lapar dan haus selama seharian, tentu saja Anda ingin menyantap semua hidangan yang ada dalam waktu yang hampir bersamaan. Eits, tunggu dulu! Hal ini ternyata tidak baik bagi ibu hamil. Alasannya, bisa membuat perut ibu hamil kaget dan alami keram. Sebaiknya mulai dengan camilan, seperti buah – buahan atau kurma. Selain itu, silakan Anda makan secara perlahan.

Memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks dan serat

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Sebab, Anda akan berpuasa bersama si janin sehingga Anda harus memperhatikan pula kandungan gizi di makanan yang akan Anda konsumsi, baik itu selama sahur atau pun berbuka. Tujuannya, agar janin yang moms kandung tetap mendapat asupan gizi yang cukup.

Selain itu, ibu hamil yang berpuasa yang juga disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks, seperti roti, nasi, dan kacang – kacangan saat sahur. Ini akan membantu Anda untuk terasa kenyang dalam waktu lebih lama. Sementara itu untuk kandungan seratnya sendiri bisa didapatkan dari buah – buahan dan sayuran, yang nanti berfungsi untuk melancarkan BAB (Buang Air Besar).

Lebih rutin lagi mengkonsumsi madu murni

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Ya, ibu hamil saat puasa Ramadhan juga disarankan untuk lebih rajin lagi mengkonsumsi madu murni. Anda bisa mengkonsumsi saat berbuka dan sahur untuk membuat puasamu menjadi lebih ringan. Madu sangat berkhasiat sekali untuk menjaga kelembaban tubuh Anda, sehingga ibu hamil bisa terhindarkan dari resiko dehidrasi. Selain itu, madu juga bisa menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

Demikianlah tadi beberapa tips puasa bagi ibu hamil yang tetap aman bagi janin bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

This page needs javascript enabled !