Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan, Dijamin Ibadah Tetap Lancar & Badan Tetap Fit

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Agar tubuhmu tetap dalam kondisi yang prima dan sehat, maka Anda harus banget berolahraga secara rutin dan teratur. Ya, paling tidak 2 – 3 kali dalam seminggu, tanpa terkecuali di bulan Ramadhan. Anda disarankan untuk tidak melalaikan kesehatanmu hingga akhirnya Anda terjatuh sakit pada saat yang tidak Anda inginkan. Meskipun Anda disibukkan dengan ibadah dan berbagai macam kegiatan, silakan Anda luangkan sedikit waktu luangmu untuk berolahraga.

Buat Anda nih yang masih kebingungan tentang bagaimana, kapan, di mana, dan juga apa saja jenis olahraga yang cocok untuk Anda coba, melalui artikel ini akan kami bantu Anda dengan beberapa tips di bawah ini. Dengan mengetahui tips tersebut dijamin ibadahmu akan tetap lancar dan badanmu pun juga tetap fit untuk menjalankan berbagai aktifitas.

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan, Dijamin Ibadah Tetap Lancar & Badan Tetap Fit

Berolahraga sebelum sahur atau berbuka

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Tips olahraga saat puasa Ramadhan pertama adalah berolahraga sebelum sahur atau berbuka. Sebelum sahur adalah waktu yang paling tepat dan dinilai aman untuk olahraga selama bulan Ramadhan. Sebab Anda masih bisa makan dan minum setelah selesai berolahraga, dan tidak mengganggu ibadah serta aktifitas Anda. Tetapi di sini Anda perlu bangun lebih pagi agar bisa berolahraga terlebih dulu sebelum sahur.

Apabila Anda cukup malas untuk olahraga sebelum sahur, maka Anda bisa olahraga sebelum buka puasa. Tepatnya 30 menit atau 1 jam sebelum berbuka. Tujuannya, agar setelah berolahraga Anda bisa secara langsung berbuka puasa. Tetapi apabila Anda sudah terlalu lelah beraktifitas, maka lebih baik Anda tunda terlebih dulu dan memilih waktu akhir pekan atau di hari libur. Ini pasti jauh lebih baik lagi.

Memilih jenis olahraga ringan

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Tak perlu melakukan jenis olahraga yang melelahkan, saat puasa Anda bisa melakukan olahraga yang ringan – ringan saja. Sebab pada dasarnya jenis olahraga yang membuat Anda merasa sangat keletihan juga kurang bagus untuk Anda coba lakukan. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dicoba diantaranya joging, yoga, dan bersepeda.

Pastikan durasi olahragamu pas

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Durasi juga memiliki peranan yang cukup penting sekali, tak perlu berlama – lama, tetapi cukup untuk membuat tubuhmu berkeringat. Jadi, sebaiknya Anda memastikan durasi olahragamu sudah tepat agar Anda bisa mendapatkan badan yang fit dan sehat meskipun sedang berpuasa.

Asupan makanan yang tepat

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Tubuh yang sehat, fit, dan bugar merupakan perpaduan antara olahraga dengan asupan gizi yang cukup. Oleh sebab itu, Anda disarankan sekali untuk memperbanyak makanan yang di dalamnya mengandung protein dan serat. Gizi yang cukup juga bisa membantu tubuhmu agar tetap bugar meskipun banyak beraktifitas.

Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air minum

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Anda pastinya sudah tahu betul kan, bahwa tubuhmu butuh sekitar 1.5 – 2 liter air di setiap harinya. Dengan demikian Anda harus tetap menjaga kebutuhan air dalam tubuhmu agar tidak menimbulkan dehidrasi. Bisa pula Anda menerapkan pola 2 – 4 – 2, sebab pada saat olahraga akan mengeluarkan keringat yang bisa menimbulkan pengurangan cairan di dalam tubuh.

Pastikan untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan

Untuk yang berikut ini bisa dimaksudkan dengan jam tidur. Jadi Anda harus bisa mengatur pola istirahatmu sesuai aktifitas yang Anda lakukan. Usahakan untuk tidur tidak terlalu larut malam, selain itu lebih baik jika Anda bisa tidur di siang hari.

Demikianlah tips olahraga saat puasa Ramadhan yang bisa kami informasikan. Dengan tips di atas, dijamin ibadah tetap lancar dan badanmu pun juga tetap fit. Semoga bermanfaat.

This page needs javascript enabled !