Bagaimana Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word yang Mudah?

Print Bolak Balik di Microsoft Word

Untuk Anda nih yang kebetulan sedang mengerjakan tugas sekolah atau tugas kantor, maupun keperluan dokumen dengan menggunakan Microsoft Word, sepertinya Anda harus banget pantengin ulasan yang akan kami bagikan berikut ini.

Salah satu trik paling jitu untuk hemat kertas adalah dengan mencetaknya bolak balik. Apabila Anda biasanya cetak hingga puluhan lembar, maka cara satu ini tentu saja akan lebih menghemat setengah dari jumlah yang biasaya Anda cetak. Tapi yang jadi pertanyaannya di sini adalah, bagaimana cara print bolak – balik di microsoft Word? Simak langsung langkah mudahnya di sini, yuk!

Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word yang Mudah

Print Bolak Balik di Microsoft Word

Sebetulnya tips mencetak bolak balik di Word ini sangat mudah sekali, bahkan Anda bisa melakukannya secara otomatis dan manual. Khususnya untuk urusan mencetak dokumen di bagian depan maupun belakang secara otomatis, Anda butuh mesin printer khusus untuk dukung duplex printing. Ini merupakan fitur pada printer yang bisa cetak selembar kertas di kedua sisi secara otomatis.

Tetapi demikian, pabila printer yang Anda miliki memang tidak mendukung duplex printing, maka Anda bisa mencetak bolak balik dengan cara manual.

Panduan print bolak balik secara otomatis di Word

Print Bolak Balik di Microsoft Word

Cara mencetak dokumen secara bolak balik yang pertama ini hanya bisa dilakukan di printer yang mendukung percetakan duplex atau pun duplex printing seperti yang sudah kami singgung di awal. Printer tersebut biasanya digunakan di kantor – kantor atau pun tempat fotokopi untuk cetak kertas dengan cepat dan efisien.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk print bolak balik di Word secara otomatis adalah dengan membuka halaman print yang ada di Word. Ya, klik saja di halaman utama Word, kemudian klik Print yang ada di kolom kiri layar.

Print Bolak Balik di Microsoft Word

  • Pada halaman Print inilah Anda harus mengeklik pengaturan yang ada di bawah tulisan Pages. Jika sudah, lanjutkan dengan memilih Print a Both Sides. Apabila printer Anda mendukung, nanti akan muncul pilihan ini.

Print Bolak Balik di Microsoft Word

  • Apabila Anda sudah mengatur halaman untuk dicetak, maka Anda hanya perlu mengeklik Print. Sehingga file atau pun dokumen Anda di Word akan segera dicetak secara otomatis dengan format bolak balik.

Cara mencetak bolak balik di Word secara manual

Print Bolak Balik di Microsoft Word

Apabila printer yang Anda miliki memang masih belum mendukung percetakan duplex, Anda tetap bisa kok mencetak bolak balik secara manual. Cara mudah print bolak balik secara manual di Word ini sebetulnya tidaklah sulit. Tetapi pada saat Anda akan melakukan ini jangan meninggalkan printer yang sedang dalam proses mencetak.

Sebab, Word akan mencetak tiap halaman yang ada di sisi pertama lembar kertas terlebih dulu, baru kemudian Anda membalik kertas tersebut secara manual agar halaman selanjutnya bisa dicetak di sisi lain kertas. Ini mungkin akan memakan waktu yang cukup banyak, apalagi dokumen yang harus Anda cetak jumlah banyak.

  • Untuk langkah pertamanya adalah dengan memilih Manually Print On Both Sides di halaman Print. Silakan Anda masuk ke File di Word, kemudian pilih saja kolom Print dan pilihlah Manually Print On Both Sides.

Print Bolak Balik di Microsoft Word

  • Pada pilihan Manually Print On Both Sides ini tertulis penjelasan untuk isi ulang kertas yang sudah berhasil dicetak. Ketika ada perintah, silakan Anda letakkan kertas bagian belakang yang masih kosong ke printer.

Meksipun cara manual tersebut terbilang mudah, tetapi tetap saja akan memakan waktu yang banyak, apalagi Anda juga masih harus menunggu prosesnya sampai selesai.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara print bolak balik di Microsoft Word yang mudah. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

This page needs javascript enabled !