Rawon, Kuliner Khas Jawa Timur yang Gurih dan Nikmat

Meskipun dari tampilan fisik, kuliner ini berwarna agak kurang memikat, karena warna kuahnya yang hitam pekat, namun dari segi rasa dijamin pasti anda akan merasa ketagihan dibuatnya. Ya, Rawon adalah sajian kuliner berkuah yang dikenal berasal dari daerah Jawa Timur. Bagi anda yang belum pernah mencicipinya, bila anda berkunjung ke daerah Jawa Timur entah itu di Surabaya, Malang, Kediri atau di daerah Jawa Timur lainnya, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk menikmati hidangan kuliner yang bercita rasa gurih dan nikmat ini.

Jangan khawatir dengan warna kuah yang hitam pekat dari sajian kuliner ini, sebab meskipun berwarna hitam pekat namun kuah pada hidangan ini rasanya sangat mampu untuk membuat anda mengacungkan jempol. Pasalnya, cita rasa gurih sangat terasa dalam kuah yang bahan utamanya terbuat dari kluwek itu. Buah kluwek itulah yang membuat warna dari kuliner ini menjadi kehitaman. Untuk mendapatkan warna hitam yang diinginkan, buah kluwek yang digunakan harus yang sudah tua. Buah kluwek yang digunakan untuk bahan utama sekaligus pewarna kuah hidangan ini juga memiliki tampilan yang cukup unik sebab daging kluwek tersembunyi dalam cangkang yang cukup keras, sehingga untuk mendapatkan isi dari kluwek anda harus memecahkan kulit cangkangnya dengan menggunakan palu. Meskipun rasa dari kluwek ini agak getir, namun bila anda dapat mengolahnya dengan baik, maka rasa getir tersebut tidak akan terasa pada hidangan rawon ini.

Setelah membahas kuahnya yang berwarna unik, sekarang kita akan membahas mengenai isi dari hidangan ini. Pada dasarnya, isi Rawon hanyalah potongan daging sapi yang direbus hingga empuk. Dan untuk penyajiannya, Rawon sudah cukup lezat dimakan begitu saja dengan sepiring nasi putih, namun bila ingin membuat rasanya menjadi semakin sempurna, maka anda dapat menambahkannya dengan taburan tauge pendek, sambal, dan kerupuk udang. Selain itu, anda juga dapat menambahkan telur asin dan empal daging goreng sebagai lauk pelengkapnya.

This page needs javascript enabled !