Tips Mengatasi Aplikasi Terhenti di HP Android Terbaru 2019

Tips Mengatasi Aplikasi Terhenti

Buat para pengguna smartphone berbasis Android, pernahkah Anda mendapati aplikasi yang terinstal di HP-mu sering sekali bermasalah? Misalnya, tiba – tiba terhenti atau pun mengeluarkan Pop-up, seperti berikut ini, sayangnya aplikasi telah berhenti, atau unfortunately, app has stopped. Tentu saja Anda akan sangat kesal dan kebingungan, kan?

Eits, tunggu dulu, jangan bingung… dan janganlah khawatir! Sebab, melalui artikel ini akan kami bagikan tips mengatasi aplikasi terhenti di HP Android terbaru 2019 selengkapnya kepada Anda. Simak yuk, ulasan selengkapnya.

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di HP Android Terbaru 2019

Menghentikan segera aplikasi yang sedang berjalan di background

Tips Mengatasi Aplikasi Terhenti

Tahukah Anda, bahwa salah satu penyebab aplikasi terhenti di HP Android adalah karena memori RAM yang digunakan sudah penuh. Solusi yang pertama bisa Anda lakukan untuk cara mengatasi aplikasi terhenti ini yakni dengan membersihkan dan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, atau background. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu tap pada tombol Recent Apps – tekan ikon “X”.

Menghapus cache dan data aplikasi di HP

Tips Mengatasi Aplikasi Terhenti

Aplikasi yang terhenti tiba – tiba di HP Android bahkan juga bisa disebabkan oleh cache maupun data yang error di aplikasi tersebut. Sehingga Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengatur manajemen aplikasi dengan cara menghapus cache dan data aplikasi yang ada di HP-mu. Caranya, kunjungi menu Settings atau Pengaturan – App & Notification – Pilih Aplikasi – Storage – Clear Cache.

Mengecek kartu microSD di Android

Tips Mengatasi Aplikasi Terhenti

Ya, pada dasarnya hampir semua HP berbasis Android keluaran terbaru saat ini sudah dibekali dengan slot kartu microSD tambahan, sehingga Anda bisa menyimpan yang lebih banyak lagi berbagai file atau data, termasuk beberapa aplikasi. Kartu microSD yang alami error kadang kalanya membuat aplikasi di HP Android Anda terhenti, bahkan pada saat Anda gunakan sekalipun. Makanya untuk mengatasi masalah tersebut Anda harus mengecek kondisi kartu SD yang Anda pakai, jika sudah pasang kembali kemudian nyalakan HP Anda.

Merestart HP Android yang Anda miliki

Tips Mengatasi Aplikasi Terhenti

Error pada aplikasi yang terinstal di HP Android juga bisa saja disebabkan oleh banyak sekali hal, mulai dari aplikasi hingga sinyal internet yang kurang stabil. Cara atasi aplikasi yang terhenti di HP paling mudah adalah dengan melakukan restart Android Anda. Dengan begitu HP Android Anda pasti akan kembali lagi dalam kondisi fresh sepeti keadaan semula.

Uninstal dan instal ulang aplikasi

Tips Mengatasi Aplikasi Terhenti

Apabila tips atasi aplikasi yang terhenti terbaru di atas masih belum membawa solusi, maka Anda bisa lakukan uninstal dan instal ulang aplikasi yang Anda pakai. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh beberapa data aplikasi error dan corrupt, sehingga aplikasi tak berjalan dengan semestinya. Meski butuh paket data internet untuk melakukan instalasi ulang aplikasi, tetapi cara tersebut bisa banget membuat aplikasi di HP Android Anda normal kembali.

Mengupdate aplikasi dan sistem operasi

Tips Mengatasi Aplikasi Terhenti

Memperbaharui atau mengupdate aplikasi di HP Android memang bisa jadi solusi untuk atasi aplikasi terhenti tiba – tiba di HP Anda. Pembaharuan aplikasi tidak hanya bisa mengatasi aplikasi yang error atau pun corrupt, tetapi juga bisa menghilangkan beberapa bug yang bisa menjadi akar dari permasalahan di aplikasi Android. Tidak hanya update aplikasi, tetapi Anda juga harus memperbaharui sistem operasi Android yang dipakai. Yang demikian ini karena kebutuhan minimal aplikasi tentunya meningkat dari waktu ke waktunya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips mengatasi aplikasi terhenti di HP Android terbaru 2019. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

This page needs javascript enabled !