3 Aspek Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Mendesain Ruang Tamu Mungil

Banyak orang yang berpendapat bahwa, ruang tamu merupakan ruangan dalam sebuah rumah yang mampu mewakili karakter si pemilik rumah. Dengan demikian ruang tamu harus dirancang serapi mungkin sehingga orang tidak berpikir anda adalah tipe orang yang berantakan. Namun, bagaimana cara yang tepat agar kita dapat mendesain sebuah ruang tamu yang rapi dan menawan namun sayangnya ruangan tersebut ukurannya cukup sempit.

Pada dasarnya, merancang ruang tamu yang sempit sebenarnya relatif mudah untuk dilakukan, khususnya bila anda cerdas dalam permainan warna, sebab keseimbangan warna yang dikombinasikan dengan penataan furnitur yang tepat, maka dengan sendirinya akan mampu menciptakan ruang tamu yang nyaman, meskipun dalam ruang yang relatif sempit sekalipun. Ada 3 aspek penting yang perlu anda perhatikan ketika mendesain sebuah ruang tamu yang ukurannya cukup sempit :

  • Keseimbangan warna
    Untuk ruang tamu yang sempit, cat dinding dan furnitur atau aksesori harus dalam komposisi yang seimbang. Sebuah kombinasi warna yang seimbang dapat menciptakan suasana yang indah pada ruang tamu. Pada bagian dinding, warna cat sebaiknya menerapkan satu warna saja, karena jika anda menerapkan terlalu banyak warna maka ruang tamu yang sempit itu malah akan tampak penuh sesak. Warna dinding cukup dikombinasikan dengan warna aksesoris agar bisa mendapatkan kesan bahwa ruang tersebut terlihatlebih luas.

    Ruang tamu yang sempit perlu warna-warna lembut terutama untuk aksesoris atau pernak-pernik, seperti vas bunga, taplak meja, dan bingkai foto. Warna-warna lembut seperti putih, kuning, kapur, pirus, beige, ivory atau kuning adalah pilihan warna sangat ideal untuk dekorasi tersebut. Sentuhan warna cerah seperti merah atau hijau limau juga perlu ditambahkan sehingga ruang tamu terlihat lebih dinamis dan menarik.

  • Furniture sederhana
    Khusus untuk furniture utama seperti sofa, meja, dan kursi anda harus memilih ukuran yang tidak terlalu besar dengan desain yang sederhana. Dalam hal ini anda harus memprioritaskan fungsi furnitur daripada desain. Tidak perlu terlalu berlebihan dengan menambahkan banyak ornamen.
  • Furniture pelengkap berukuran kecil
    Pilih furniture yang sederhana, karena ruang tamu anda relatif sempit, maka hindari menempatkan rak buku besar atau lemari di ruang tamu agar ruang tersebut tidak semakin terlihat sesak.
This page needs javascript enabled !